6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual

Ilustrasi (Foto: KHOFIFAH AISAH AMINI)

PADANG (SumbarFokus)

Pelecehan seksual adalah tindakan yang berkenaan dengan seksual yang tidak diinginkan, dilakukan melalui kontak fisik, maupun non-fisik. Tindakan ini dapat menyebabkan pelanggaran dan ketidaknyamanan dan dalam beberapa situasi dapat berbahaya secara fisik dan mental.

Bacaan Lainnya

Selain itu, korban dapat merasa terintimidasi, tidak nyaman, malu, dan terancam. Oleh karena itu, untuk menghindari tindakan ini, perlu diketahui cara mencegah diri dari pelecehan seksual. Berikut dikutip dari berbagai sumber enam tips yang bisa Anda terapkan untuk melindungi diri dari pelecehan seksual.

1. Atur Nomor Telepon Darurat

Pastikan Anda telah mengatur nomor telepon darurat. Jika ada seseorang yang mencurigakan, Anda bisa dengan cepat langsung menghubungi nomor tersebut, seperti orang tua, teman, atau polisi.

2. Hindari Tempat Sepi

Usahakan untuk tidak berjalan atau melewati tempat-tempat sepi sendirian. Pilih tempat yang ramai dan terang.

3. Siapkan Senjata

Selalu sedia senjata. Tidak harus senjata api atau benda tajam, cukup benda-benda yang bisa digunakan untuk membela diri, seperti semprotan cabai, kejut listrik, atau payung.

4. Rekam, Tatap, dan Foto

Jangan takut untuk menggunakan handphone Anda untuk merekam atau memfoto orang yang mencurigakan. Cara ini bisa menjadi bukti jika pihak berwenang meminta bukti.

5. Tarik Perhatian

Ketika Anda mengalami pelecehan seksual di tempat umum, jangan ragu untuk berteriak, meminta tolong, atau memberi kode untuk menarik perhatian orang lain.

6. Waspada

Waspada dengan lingkungan sekitar di mana pun Anda berada, baik di jalan, dalam kendaraan umum, atau di tempat umum lainnya.

Itulah 6 tips melindungi diri dari pelecehan seksual. Tindakan pelecehan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Pastikan Anda telah mengikuti tips di atas dan tetap terus waspada, ya! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait