Apa Itu Diet Karbo dan Manfaatnya?

Apa itu diet karbo dan manfaatnya? (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Banyak orang yang ingin meminta berat badan yang ideal, berbagai cara dilakukan misalnya dengan berolahraga, memperbanyak aktivitas fisik dan melakukan diet.

Bacaan Lainnya

Pada dasarnya diet adalah cara menjaga pola makan dengan mengatur cara dan jenis makanan yang dikonsumsi. Tujuan dari diet adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga bisa untuk mencapai atau menjaga berat badan yang ideal.

Ada banyak jenis diet yang ada, salah satunya adalah diet karbo.

Diet karbo dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas harian. Karbohidrat yang dibutuhkan tubuh bisa anda gantikan dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi merah, kentang, ubi dan oatmeal.

Tidak hanya itu, ketika menjalani diet karbo maka sumber energi biasanya akan berkurang. Anda bisa menggantikannya dengan mengonsumsi protein dari daging, ikan, tempe dan telur serta olahan lemak sehat seperti susu, minyak zaitun dan buah alpukat.

Pada umumnya, orang dewasa memerlukan karbohidrat sekitar 300-400 gram per harinya, namun pada diet karbo ini anda akan mengurangi asupan karbohidrat sebanyak setengah nya atau sekitar 150-200 gram.

Bagi anda yang ingin melakukan diet karbo, sebaiknya konsultasi kan dulu ke dokter, karena kondisi setiap orang berbeda-beda tergantung kebutuhan kalori dan energi per harinya.
(BBS/Magang/Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait