7 Aplikasi Smartphone untuk Ibu Baru, Membantu dan Berguna

Aplikasi smartphone untuk ibu
Bukan rahasia lagi kalau asupan gizi di masa golden age anak amat penting untuk diperhatikan. Sebab hal tersebut akan memengaruhi kesehatan bahkan perkembangan otak anak. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Menjadi ibu baru memang tidaklah mudah, fisik yang belum pulih sepenuhnya terkadang membuat ibu rentan mengalami kesulitan dan kelelahan. Selain itu, perubahan hormon yang drastis dan transisi dari kehamilan yang semula membuat ibu banyak beristirahat, seketika berbalik 180° setelah melahirkan. Gak heran justru setelah melahirkan ibu kerap mengalami tekanan yang intens hingga menimbulkan depresi pasca persalinan.

Bacaan Lainnya

Dengan kondisi seperti itu, dukungan dari keluarga pasti sangat dibutuhkan. Agar semakin terbantu, aplikasi smartphone untuk ibu baru berikut ini bisa di-install. Terutama bagi ibu baru yang masih berada di fase pemulihan dan penyesuaian peran. Penasaran apa saja aplikasi smartphone untuk ibu baru? Simak rekomendasinya!

  1. Medela Family

Medela Family merupakan aplikas untuk bu hamil dan baru melahirkan. Pada aplikasi ini, para ibu baru bisa memanfaatkan banyak fitur yang akan memudahkan memantau aktivitas. Aplikasi ini dilengkapi menu untuk memantau kegiatan pumping ASI, selain itu aplikasi ini bisa tersambung dengan pompa ASI pintar yang juga merupakan produk besutan dari Medela sendiri. Medela Family juga dilengkapi dengan virtual milk storage yang bisa membantu pengguna memantau stok ASI melalui ponsel.

Selain membantu kegiatan memompa ASI, kita juga bisa memanfaatkan fitur lain di dalamnya seperti menu log kegiatan bayi seperti tidur, menyusu, mengganti pampers, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan penghitung kontraksi dan artikel seputar kehamilan dan melahirkan yang ditulis oleh para ahli, sehingga akan memudahkan kita mendapatkan informasi lebih cepat dan tepat.

  1. Bicarakan.id

Aplikasi psikologi online, Bicarakan.id, ini mungkin juga akan bermanfaat di tengah maraknya baby blues atau depresi pasca persalinan akhir-akhir ini. Jika ibu tidak memiliki waktu luang untuk keluar rumah dan melakukan sesi konseling secara tatap muka, maka fitur konseling online dengan cara video call pun bisa dicoba.

Apalagi, aplikasi ini sudah berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pasien, sehingga tidak perlu khawatir data kita akan bocor ke publik. Selain konseling online, kita juga bisa mengikuti sesi secara offline karena aplikasi ini juga menyediakan tempat konseling secara tatap muka yang bernama Rumah Bicara.

  1. Simple Habit : Meditation

Menjadi ibu baru pasti rentan merasakan stress dan kelelahan karena ritme kegiatan yang berubah drastis. Untuk itu ibu baru perlu untuk sesekali melakukan me time meski hanya sekedar dan sebisanya. Melalui Simple Habit : Meditation, ibu bisa menyalurkan segala campur aduknya rasa sebagai ibu baru melalui meditasi. Aplikasi ini berisi musik meditasi beserta narator yang akan memandu ibu selama melakukan meditasi.

Apalagi aplikasi ini menggaungkan meditasi singkat dengan durasi hanya 5 menit saja, namun bisa menuai banyak komentar positif dari para penggunanya. Jadi, sangat cocok untuk ibu yang baru melahirkan karena tidak memakan waktu terlalu banyak. Gak hanya ibu baru, kita yang sedang dilanda stres, depresi, dan anxiety juga bisa memanfaatkan aplikasi ini, lho!

  1. Tentang Anak

Selanjutnya, ada aplikasi andalan ibu-ibu tanah air, nih! Yap, aplikasi Tentang Anak. Aplikasi ini sangat recommended karena mengemas solusi lengkap untuk memantau kehamilan dan tumbuh kembang anak langsung dari ahlinya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur skrining tumbuh kembang dan autisme yang bisa dilakukan secara online.

Selain skrining tumbuh kembang masih ada banyak lagi menu lainnya seperti resep MPASI, tanya jawab dengan Dokter, dan fitur belanja. Aplikasi ini menyediakan barang-barang keperluan anak, ada skincare anak, cemilan, mainan edukasi, bahkan buku untuk meningkatkan minat baca anak sejak dini.

  1. Baby Meal Planner

Bukan rahasia lagi kalau asupan gizi di masa golden age anak amat penting untuk diperhatikan. Sebab hal tersebut akan memengaruhi kesehatan bahkan perkembangan otak anak. Untuk ibu yang baru melahirkan anak pertamanya, memang masih banyak hal yang harus dipelajari termasuk saat memasuki usia MPASI.

Nah, bagi para ibu baru yang kebingungan dengan MPASI, aplikasi Baby Meal Planner by Arunika ini bisa banget dicoba. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi menu MPASI lengkap dengan resep dan panduan membuatnya. Jadi, ibu tidak akan kehabisan ide untuk mengkreasikan menu makan anak dari usia 6 bulan hingga 24 bulan.

Aplikasi ini mudah digunakan, Ibu hanya tinggal memasukan data bayi berupa berat badan (kg), tinggi badan (cm), umur (bulan), dan jenis kelamin.  Setelah data dimasukan maka aplikasi akan menampilkan status gizi bayi. Status gizi bayi dapat digunakan untuk deteksi awal kondisi kesehatan bayi.

Menjadi ibu selain harus banyak belajar juga harus selalu bahagia. Semua yang ibu lakukan semata demi membersamai pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk selalu meminta bantuan, tidak hanya melalui anggota keluarga tapi juga bisa lewat aplikasi smartphone untuk ibu baru di atas.

Itulah penjelasan apa saja aplikasi smartphone untuk ibu baru. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait