5 Tips Hasilkan Uang Melalui Jual Ebook di Google Play Books

Pembahasan tips hasilkan uang
Tidak ada yang bisa dijual di Play Books jika tidak ada karya. Pertama-pertama tentu saja Anda harus menulis buku terlebih dahulu, baik itu fiksi maupun non fiksi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Google Play Books adalah aplikasi toko buku digital dari Google. Aplikasi ini menjadi salah satu distribusi buku digital (ebook) terbesar di dunia selain Amazon Kindle. Di Play Books, terdapat jutaan ebook yang dapat dibeli dan dibaca di berbagai platform. Buku-buku digital tersebut berasal dari berbagai penerbit, baik itu penerbit besar maupun secara individu. Siapapun bisa menjual ebook di Play Books asalkan memiliki hak cipta yang sah.

Bacaan Lainnya

Jika Anda seorang penulis yang sudah memiliki karya, terlebih karyamu sudah cukup banyak dikenal, maka peluang untuk mendulang cuan dari Play Books terbuka lebar. Anda memerlukan beberapa tips hasilkan cuan melalui jual ebook di Google Play Books agar hasilnya maksimal. Bagaimana caranya? Simak terus pembahasan tips hasilkan uang melalui jual ebook.

  1. Tulis buku berkualitas sesuai dengan permintaan pasar

Tidak ada yang bisa dijual di Play Books jika tidak ada karya. Pertama-pertama tentu saja Anda harus menulis buku terlebih dahulu, baik itu fiksi maupun non fiksi. Bagi Anda penulis yang sudah punya karya dan dibaca banyak orang di platform seperti Wattpad atau yang lainnya, itu akan membuat penjualan di Play Books menjadi lebih mudah. Setelah punya karya tulisan, kemudian edit karya tersebut dalam format doc dengan ukuran 14 x 19 cm atau juga bisa memilih ukuran buku lainnya.

Setelah menyusun tata letak buku, berikutnya adalah mengubah format berkas doc menjadi PDF. Hal ini karena Google Play Books hanya menerima berkas dengan format PDF, TXT, atau ePUB. Untuk penulis individu disarankan menggunakan PDF karena lebih mudah dikerjakan. Untuk mengubah berkas docs ke PDF sangatlah mudah, bisa dilakukan langsung di Microsoft Word.

  1. Membuat desain sampul yang menarik

Berikutnya adalah membuat desain sampul untuk ebook yang akan Anda jual di Google Play Books. Di sini Anda hanya perlu membuat desain sampul bagian depan saja. Untuk membuat desain sampul, Anda bisa membuatnya sendiri dengan aplikasi seperti Canva atau bisa juga dengan software seperti Adobe Photoshop. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan jasa perancang sampul buku profesional. Pastikan desain sampul ebook milikmu menarik dan relevan.

  1. Membuat akun Google Play Books dan siapkan profil pembayaran

Setelah semuanya telah siap, Anda tinggal membuat akun Google Play Books dengan cara mengunjungi situsnya di browser desktop. Lakukan pendaftaran dan pahami semua persyaratan penjualan ebook. Kemudian, isi profil pembayaran untuk nantinya menerima hasil penjualan di setiap tanggal 15. Metode pembayaran yang akan Anda terima adalah transfer bank. Pastikan profil rekening bank yang Anda isi sudah benar.

  1. Mulai mengunggah ebook yang akan dijual

Langkah berikutnya adalah mengunggah ebook yang akan Anda dijual. Isi judul dan deskripsi buku dengan menarik untuk bisa memikat calon pembaca. Tetapkan harga jual buku dengan harga kompetitif, tidak perlu terlalu mahal, namun juga jangan terlalu murah. Ketentuan royalti atau bagi hasil dari penjualan ebook di Play Books untuk wilayah Indonesia adalah 52 persen untuk penulis, dan sisanya untuk Google. Cukup kecil memang, mengingat penjualan di negara lainnya mendapatkan royalti penulis 70 persen untuk penulis.

  1. Promosikan buku di media sosial

Sebagus apapun kualitas buku, akan sia-sia dan tidak akan dilirik oleh calon pembaca jika tidak melakukan promosi. Lakukanlah promosi, baik itu di media sosial maupun memperkenalkan karyamu ke orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga. Jika sebelumnya karyamu sudah cukup terkenal di platform web novel, Anda bisa mempromosikannya ke para pengikut dan penggemar karyamu.

Jika semuanya sudah terpenuhi dan bukumu banyak yang membeli, selanjutnya adalah menerima penghasilan. Google akan mulai memproses pembayaran ke akunmu pada tanggal 15 setiap bulannya. Minimum saldo yang harus terkumpul agar bisa menerima penghasilan adalah $1.00 (satu dollar Amerika Serikat).

Secara keseluruhan, kunci utama dari tips hasilkan uang melalui jual ebook di Google Play Books adalah mampu memenuhi persyaratan platform, karya berkualitas, dan juga promosi. Apakah Anda sudah siap menjual karya di Google Play Books dan hasilkan cuan tambahan? Yuk, tak ada salahnya untuk dicoba! Itulah pembahasan tips hasilkan uang di Google. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait