Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

Ciri khas
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keberagaman yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing mulai dari budaya, makanan, kebiasaan, bahasa dan masih banyak keberagaman yang lainnya. Lalu bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Berikut adalah penjelasannya lengkap dengan contohnya.

Bacaan Lainnya

Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia dan Contohnya

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang heterogen yang memiliki berbagai keberagaman.

Lalu, bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Berikut adalah penjelasannya.

Keberagaman Agama

Ada enam agama yang sah secara hukum untuk dianut dan dipeluk oleh masyarakat di Indonesia. Enam agama tersebut adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Keberagaman Adat Istiadat

Indonesia memiliki keberagaman adat istiadat yang sangat luar biasa. Adat istiadat sudah ada sejak lama, misalnya rumah adat, pakaian, lagu daerah, senjata, dan berbagai adat istiadat lainnya.

Keberagaman Suku

Salah satu warisan sejarah yang masih ada sampai saat ini adalah keberagaman suku yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali suku di Indonesia yang menyebar dari Sabang sampai Merauke.

Keberagaman Budaya

Indonesia memiliki berbagai budaya yang sangat khas dan patut dilestarikan, mulai dari kesenian tari, lukisan, rumah adat, lagu daerah, cerita rakyat/drama, pakaian adat, tradisi, maupun upacara yang dimiliki setiap masyarakat.

Keberagaman Ras

Berbagai perbedaan ras yang ada di dalam keberlangsungan kehidupan masyarakat di Indonesia. Ada berbagai ras yang ada di Indonesia, ras sendiri merupakan golongan bangsa yang berdasarkan pada ciri fisik

Keberagaman Golongan atau Etnis

Selanjutnya, yang tak bisa dielakkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yaitu perihal adanya golongan dan atau kelompok etnis.

Keberagaman Kepentingan

Masyarakat memiliki berbagai kepentingan yang berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari, berbagai perspektif inilah yang membuat keberagaman di Indonesia.

Keberagaman Kepercayaan

Sebagian masyarakat bahkan masih melakukan dan menjalankan ritual maupun kepercayaannya yang sudah ada sejak zaman dahulu dan itu merupakan salah satu bentuk keberagaman yang harus dihormati.

Keberagaman Keyakinan

Ada berbagai keyakinan yang ada dan berkembang di masyarakat dan ini merupakan salah satu bentuk keberagaman yang harus dijaga dan dihormati.

Keberagaman Bahasa Daerah

Keberagaman yang lain adalah dalam penggunaan bahasa daerah yang berbeda-beda pada setiap kelompok masyarakatnya.

Demikian adalah pembahasan mengenai bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia dan contohnya. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait