Beri Penegasan, Anggota DPRD Sumbar Hidayat: ABS-SBK Penanda Identitas

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang juga bakal calon kuat Wali Kota Padang Hidayat, mengatakan, telah muncul fenomena sosial budaya adanya potensi mulai merenggangnya apresiasi, interaksi, dan atraksi serta harmonisasi keberagaman budaya lintas suku dan etnis sebagai elemen perekat kehidupan berbangsa berdaerah. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang juga bakal calon kuat Wali Kota Padang Hidayat, mengatakan, telah muncul fenomena sosial budaya adanya potensi mulai merenggangnya apresiasi, interaksi, dan atraksi serta harmonisasi keberagaman budaya lintas suku dan etnis sebagai elemen perekat kehidupan berbangsa berdaerah.

Bacaan Lainnya

“Potensi mulai tidak akrabnya Generasi Y, atau milenial 1981-1996, generasi Z, 1997-2012, dan Generasi Alpha, lahir setelah Generasi Z, terhadap bahasa daerah, kesenian daerah, adat istiadat dan sejarah daerah, permainan rakyat, olahraga tradisional, tradisi lisan, pakaian daerah,” ujar Hidayat sebagai Keynote SPeaker di ruang Bamus DPRD Provinsi Sumbar, Senin (3/6/2024).

Menurut Hidayat, isu krusial muatan lokal kurikulum ke satuan pendidikan formal, adalah apresiasi kepada lembaga dan pelaku seni budaya, pembentukan dewan kebudayaan daerah, dan anggran 2 persen untuk pemajuan kebudayaan dari ApBD setiap tahun.

“Kita menimbang dengan berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, dan keberagaman budaya di Sumatera Barat, sebagai penanda identitas dan bagian integral dari budaya nasional,” ujar Hidayat

Adapun tema pertemuan Mengobati dan Merawat Nilai nilai Kebudayaan Daerah Melawan Bangga Budaya Asing berdasarkan rancangan perayuran daerah provinsi Sumatera Barat tentang pemajuan kebudayaan daerah, pelestarian cagar budaya dan pengelolaan museum, yang merupakan Perda Inisiatif DPRD Provinsi Sumatera Barat. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait