Hukum Kekekalan Energi: Pengertian, Jenis, Rumus dan Contohnya

Bunyi Hukum Kekekalan Energi
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Hukum kekekalan energi adalah ketetapan yang dirumuskan fisikawan asal Inggris James Prescott Joule. Ketetapan menjelaskan keabadian energi yang masih terus ada kendati tidak ada pergerakan.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang ingin tahu lebih detail tentang hukum kekekalan energi, bisa cek di sini ya.

Pengertian dan Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Mengutip laman energy Education University of Calgary, bunyi hukum kekekalan energi adalah energi yang tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, namun dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk lainnya.

Artinya, suatu sistem selalu memiliki jumlah energi yang sama kecuali ditambahkan dari luar. Hal ini sangat membingungkan dalam kasus perubahan energi. Misal energi mekanik diubah menjadi panas dengan jumlah yang sama.

Namun konsep ini akhirnya diterima setelah pemahaman terhadap energi makin baik. Misal panas yang dihasilkan dari gesekan. Hal yang sama terjadi pada pemahaman energi kinetik, potensial, dan panas.

Rumus Hukum Kekekalan Energi

Em1 = Em2

Ek1 + Ep1 = Ek2 + Ep2

Keterangan:

Em1: energi mekanik awal

Em2: energi mekanik akhir (J)

Ek1: energi kinetik awal

Ek2: energi kinetik akhir (J)

Ep1: energi potensial awal

Ep2: energi potensial akhir (J)

Contoh Hukum Kekekalan Energi

Berikut beberapa contoh hukum kekekalan energi yang ada di kehidupan sehari-hari:

  1. Bola Lampu

Ketika sakelar listrik terhubung ke bola lampu saat ditekan, sehingga sambungan listrik antara unit suplai ke bola lampu akan terjalin. Arus mengalir di sirkuit listrik tertutup yang menyebabkan bola lampu menyala. Di sini, energi listrik diubah menjadi energi cahaya setelah memasuki sirkuit internal bola lampu.

  1. Tabrakan

Benda bergerak menginduksi gerakan menjadi benda diam setelah mengenainya. Hal ini dikarenakan energi kinetik yang dimiliki oleh benda yang bergerak tidak dapat habis secara tiba-tiba.

  1. Benda Jatuh dari Ketinggian

Sebuah benda yang ditempatkan pada ketinggian tertentu memiliki energi potensial. Ketika benda ini dibuat jatuh dari ketinggian ke tanah karena aksi tarikan gravitasi bumi, energi potensial diubah menjadi energi kinetik. Transformasi energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya menunjukkan hukum kekekalan energi dalam kehidupan nyata.

  1. Membakar Hutan

Kayu atau sumber bahan bakar lainnya memiliki energi potensial di dalamnya. Pada pembakaran sumber bahan bakar ini terjadi konversi energi potensial menjadi panas dan energi cahaya.

  1. Memukul Drum

Drummer memukul diafragma drum dengan tongkat dan memasok energi mekanik ke dalamnya. Energi kemudian diubah menjadi bentuk energi lain yang dikenal sebagai energi suara. Oleh karena itu, hukum kekekalan energi memodulasi satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya dan menghasilkan suara.

Jenis Hukum Kekekalan Energi

James Prescott Joule membagi hukum energi menjadi tiga jenis, yaitu energi potensial, energi mekanik dan energi kinetik. Simak penjelasannya berikut

  1. Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi dari benda yang disebabkan posisi dari ketinggian benda tersebut.

  1. Energi Kinetik

Energi kinetik merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menggerakkan benda oleh massa tertentu dari kondisi diam hingga kecepatan tertentu.

  1. Energi Mekanik

Sedangkan energi mekanik merupakan energi yang berkaitan dengan posisi serta gerak dari sebuah benda.

Itulah penjelasan menganai bunyi hukum kekekalan energi. Semoga bermafaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait