Cara Atasi Handphone Kemasukan Air

Cara atasi handphone kemasukan air. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Handphone yang terkena atau terendam air dapat mengalami kerusakan serius jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Bacaan Lainnya

Air dapat masuk ke dalam komponen internal handphone dan menyebabkan kerusakan elektronik atau korosi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika handphone kemasukan air:

1. Gunakan Silica Gel
Silica gel adalah bahan penyerap kelembaban yang efektif. Letakkan handphone dalam wadah yang berisi silica gel atau kantong kertas yang berisi silica gel. Silica gel akan menyerap kelembaban dari handphone dan membantu mengeringkannya.

2. Rendam Handphone di Dalam Beras
Beras memiliki sifat menyerap kelembaban yang baik. Rendam handphone yang terkena air dalam wadah berisi beras selama beberapa jam. Beras akan membantu menyerap kelembaban dari handphone.

3. Goyangkan Handphone
Goyangkan handphone dengan lembut untuk membantu mengeluarkan air yang mungkin masuk ke dalamnya. Pastikan untuk tidak mengguncangnya terlalu keras agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

4. Segera Matikan dan Bongkar Handphone
Setelah handphone terkena atau terendam air, segera matikan dan jangan menyalakannya lagi. Jika handphone masih hidup, matikan saja. Setelah itu, segera lepaskan baterai dari tempatnya.

Hal ini bertujuan untuk mencegah komponen di dalam handphone mengalami korsleting yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada handphone.

Selain itu, komponen lain dari handphone yang harus dilepaskan adalah kartu memori, SIM Card, serta casing handphone. Tindakan ini berguna untuk mempercepat proses pengeringan dan mengeluarkan sisa air yang mungkin masih menempel pada handphone.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait