Cara Menulis Teks Deskriptif Beserta Contohnya

Cara Menulis Teks Deskriptif
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Cara Menulis Teks Deskriptif

Menulis teks deskriptif ada tahapan-tahapan yang bisa memudahkan penulis untuk menyusun dengan baik. Berikut adalah tahapan-tahapannya.

  • Pertama-tama penulis harus memilih topik yang ingin dijadikan sebagai dasar untuk penggambaran dalam teks.
  • Selanjutnya penulis harus mengamati objek yang ingin dideskripsikan.
  • Penulis juga harus mengumpulkan data-data seperti angka, grafik, ilustrasi atau statistik.
  • Selanjutnya, penulis menetapkan pola pengembangan paragraf yang sesuai.
  • Setelah itu, penulis menyusun kerangka paragraf yang terdiri dari gagasan awal.
  • Penulis mengembangkan kerangka paragraf menjadi suatu paragraf yang utuh dengan menggunakan kalimat yang padu dan juga logis.
  • Tahap yang terakhir adalah pemberian judul.

Contoh Teks Deskriptif

Michael Jackson

Michael Joseph Jackson, atau yang lebih akrab disapa MJ, lahir pada 29 Agustus 1958 adalah seorang penyanyi, penari dan penulis lagu dari Amerika. Ia dijuluki sebagai Raja pop, ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh budaya paling penting pada abad ke-20.

Selama meniti karir dalam empat dekade, kontribusinya pada musik, tari dan mode, membuatnya menjadi tokoh global dalam budaya populer. Michael Jackson juga mempengaruhi seniman baik di bidang musik dan artis visual.

Dia adalah orang yang mempelopori gerakan tarian yang cukup rumit seperti moonwalk, dan robot. Pria yang wafat pada tahun 2009 ini menjadi salah satu artis musik yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah musik.

Anak kedelapan dari keluarga Jackson, Michael Jackson pertama kali membuat debut profesionalnya pada tahun 1964 dengan kakak laki-lakinya Jackie, Tito, Jermaine, dan Marlon sebagai anggota Jackson 5.

Jackson memulai karir solonya pada tahun 1971 saat di Motown Records, dan menjadi bintang solo dengan album 1979 Off the Wall. Video musiknya, “Beat It”, “Billie Jean”, dan “Thriller” dari album Thriller 1982-nya, dikreditkan dengan memecahkan hambatan rasial dan mengubah media menjadi bentuk seni dan alat promosi.

Dia membantu mendorong kesuksesan MTV dan terus berinovasi dengan video di album Bad (1987), Dangerous (1991), dan HIStory: Past, Present and Future, Book I (1995). Thriller adalah salah satu albumnya yang menjadi album terlaris sepanjang masa, sementara Bad adalah album pertama yang menghasilkan lima single nomor satu Billboard Hot 100 AS dengan “I Just Can’t Stop Loving You”, “Bad”, “The Way You Make Me Me Feel”, “Man in the Mirror”, dan “Dirty Diana”.

Dari akhir 1980-an, Jackson menjadi sosok yang penuh kontroversi dan spekulasi karena perubahan pada penampilannya, hubungan, perilaku dan gaya hidupnya. Pada tahun 1993, ia pernah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak seorang teman keluarga.

Namun, gugatan itu diselesaikan di luar pengadilan sipil, dan Michael Jackson tidak didakwa karena kurangnya bukti dalam kasus tersebut. Pada tahun 2005, ia diadili dan dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual anak lebih lanjut dan beberapa tuduhan lainnya.

Pada tahun 2009, saat mempersiapkan serangkaian konsernya Michael Jackson meninggal karena overdosis propofol yang diberikan oleh dokter pribadinya, Conrad Murray. Murray kemudian dihukum karena pembunuhan tidak disengaja.

Michael Jackson adalah salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, dengan perkiraan penjualan lebih dari 400 juta rekaman di seluruh dunia. Dia memiliki 13 single nomor satu Billboard Hot 100, lebih banyak dari artis pria lainnya di era Hot 100, dan merupakan artis pertama yang memiliki single sepuluh besar di Billboard Hot 100 dalam lima dekade berbeda.

Penghargaannya termasuk 15 Grammy Awards, Juno Award, enam Brit Awards, Golden Globe Award, dan 39 Guinness World Records, termasuk “Artis Paling Sukses Sepanjang Masa”.

Induksi Jackson termasuk Rock and Roll Hall of Fame dua kali, Vocal Group Hall of Fame, Songwriters Hall of Fame, Dance Hall of Fame (satu-satunya artis rekaman yang dilantik), Black Music and Entertainment Walk of Fame dan Hall of Fame Musik Rhythm dan Blues.

Pada tahun 2016, tanah milik Michael Jackson menghasilkan $825 juta, jumlah tahunan tertinggi untuk seorang selebriti yang pernah dicatat oleh Forbes.

Itulah penjelasan mengenai cara menulis teks deskriptif beserta contohnya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait