Struktur dan Jenis-Jenis Teks Deskriptif

Struktur Teks Deskriptif
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Teks deskriptif adalah teks yang dimana ide utamanya merupakan penyampaian dengan menggambarkan objek, tempat dan peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Dengan begitu, pembaca bisa seolah-olah merasakan baik secara fisik maupun emosi secara langsung dengan apa yang dijelaskan di dalam teks. Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai struktur dan jenis teks deskriptif. Simak uraiannya.

Struktur Teks Deskriptif

Teks deskriptif memiliki struktur dalam penulisannya, yaitu:

  • Judul: judul pada paragraf deskriptif setidaknya harus mengandung tiga aspek yaitu relevan, provokatif atau menarik dan juga singkat. Judul dari karangan melambangkan cerita yang merupakan sebuah ringkasan tersirat dari seluruh tulisan. Judul ini memiliki fungsi sebagai daya tarik minat dan suatu nama yang bersifat promosi.
  • Identifikasi: penentuan identitas dari orang, objek dan benda lainnya,
  • Klasifikasi: sebuah unsur penyusun dengan sistem dari suatu kelompok yang sesuai kaidah dan standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Deskripsi: berisi gambaran-gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas di dalam teks.
  • Kesimpulan: kesimpulan adalah penegasan pada hal yang dianggap penting. Kesimpulan bisa dicantumkan atau tidak.

Jenis-jenis Teks Deskriptif

Berdasarkan isi teksnya, teks deskriptif dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis teks deskriptif.

  • Deskripsi subjektif: teks deskriptif subjektif merupakan teks deskriptif yang menggambarkan suatu objek berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis tersebut.
  • Deskripsi Spatial: teks deskriptif spatial adalah teks deskriptif yang hanya menggambarkan objek seperti tempat, ruangan atau suatu benda.
  • Deskripsi objektif: teks deskriptif objektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenar-benarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan tanpa ada embel-embel dari opini penulis.
  • Deskripsi imajinatif: teks deskriptif imajinatif adalah teks yang berisi tentang gambaran atau lukisan suatu tempat berlangsungnya suatu kejadian. Penggambarannya harus dilihat dari berbagai segi sehingga tempat tersebut bisa tergambar dengan jelas baik dalam pikiran pembaca maupun perasaannya.
  • Deskripsi faktual: teks deskriptif faktual adalah teks deskriptif yang menggambarkan suatu objek baik halal maupun orang dengan mengungkapkan identitasnya apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan yang sebenar-benarnya.

Itulah penjelasan mengenai struktur teks deskriptif beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait