Dirut BPJS Kesehatan ke Sumbar Silaturahmi dengan Pimpinan Media Massa, Tekankan Kemudahan bagi Masyarakat

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti. (Foto: Ist./SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Langsung datang ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Prof. Ali Ghufron Mukti melakukan silaturahmi dengan pemimpin media massa di Sumbar, Rabu (3/4/2024). Dia menyampaikan harapan agar semakin luasnya pemberitaan mengenai BPJS Kesehatan, melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), khususnya dalam hal ini di Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Kami berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan media atas kerja samanya untuk pemberitaan program JKN sehingga diketahui masyarakat Sumatera Barat,” ujar Dirut Ali Ghufron Mukti, dalam pertemuan di sebuah hotel di Padang itu.

Ali Ghufron Mukti menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya untuk membantu masyarakat agar bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang semakin mudah.

Diketahui, hingga saat ini, pengguna BPJS Kesehatan sudah mencapai 268.735.132 jiwa, atau sebanyak 96.28 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Bisa dikatakan, sudah hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan BPJS Kesehatan.

“Hal ini membanggakan, sehingga negara-negara lain ingin mengikuti langkah program BPJS Kesehatan yang kita lakukan,” ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, diskusi berlangsung intens dan hangat. Dirut BPJS Kesehatan, meski tidak sering bertemu dengan para pemimpin media yang hadir saat itu, terlihat sangat akrab dengan semua yang hadir. Dia berharap, program-program yang dihantarkan oleh BPJS Kesehatan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama dalam hal ini masyarakat Sumbar.

Semakin mudah

Diketahui, peserta Badan BPJS Kesehatan terus semakin dipermudah untuk mendapatkan layanan kesehatan sesuai program yang berlaku di BPJS Kesehatan. Hal ini terutama karena BPJS Kesehatan menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang berkerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Seperti diungkapkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Fauzi Lukman Nurdiansyah, baru-baru ini.

“Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN, seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas,” sebut Fauzi.

Juga ditegaskan, tidak ada biaya tambahan dibebankan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur. Peserta juga wajib dilayanani oleh fasilitas kesehatan secara setara, tanpa diskriminasi.

Komitmen layanan ini merupakan bagian dari dedikasi BPJS Kesehatan bagi seluruh masyarakat. Bahkan, di masa libur cuti bersama dan Lebaran yang sudah di ambang mata, BPJS Kesehatan menegaskan komitmen tetap memberi layanan kesehatan, meskipun peserta yang bersangkutan berada di luar Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar.

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang mudik. Peserta juga dapat mengakses melalui aplikasi Mobile JKN, untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat. (024/003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait