Diskominfo dan Pusat Statistik Pessel Gelar Pembinaan Nagari Statistik

Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan bersama Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan Pembinaan Nagari Statistik, dalam rangka penguatan penyelenggaraan satu data Pesisir Selatan, yang dimulai dari pemerintah nagari menuju satu data Indonesia yang terpadu, mudah diakses, dikelola secara seksama, berintegrasi dan berkelanjutan, yang diselenggarakan di Painan, Kamis (9/11/2023). (Foto: REGA DESFINAL/sumbarfokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan bersama Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan Pembinaan Nagari Statistik, dalam rangka penguatan penyelenggaraan satu data Pesisir Selatan, yang dimulai dari pemerintah nagari menuju satu data Indonesia yang terpadu, mudah diakses, dikelola secara seksama, berintegrasi dan berkelanjutan, yang diselenggarakan di Painan, Kamis (9/11/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dibuka secara resmi atas nama Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, diwakili Asisten lll Emirda Ziswati, dan dihadiri oleh 17 utusan Nagari di Kecamatan Bayang.

Dalam sambutanya, Asisten lll menyampaikan, kegiatan ini berfokus kepada optimalisasi sistem informasi Nagari yang mampu menyusun dan menghasilkan data yang bersifat Mikro, sehingga perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

“Saya harap seluruh peserta dapat memahami tentang statistik, sehingga segala yang kita harapkan, Satu Data Pesisir Selatan, dapat terwujud,” katanya.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pembinaan Nagari Statistik ini sebanyak 34 orang, terdiri dari perangkat Nagari dan pengelola data di Nagari Kecamatan Bayang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan Narasumber l Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Pesisir Selatan Irwan Fahlifi, dengan materi “Kebijakan Penyelenggaraan Statistik Sektoral.’’

Narasumber ll Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan Dolly Mantora Hazmi, Analis APK APBN, dengan materi ‘’Pengelolaan dan Pemanfaatan data Statistik di tingkat Desa/Nagari’’, dan Narasumber lll oleh Kabid Statistik Sektoral Diskominfotik Sumatera Barat Mulyadi, dengan Materi “Penguatan Kelembagaan Kecamatan dari Nagari Statistik dalam perwujudan SDI”.

Irwan Fahlifi, Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo sekaligus P
pelaksana kegiatan, menjelaskan pemahaman perangkat Nagari tentang Statistik dapat melahirkan komunitas cinta statistik di kecamatan dan nagari. Sedangkan satu data Pesisir Selatan lebih menekankan pada keterpaduan, keakuratan, efektivitas, dan efisiensi sesuai dengan peraturan Bupati NO 3 tahun 2022 tentang satu data Pessel.

“Tujuan dari kegiatan ini agar perangkat Nagari lebih memahami tentang pengelolaan data statistik dengan melakukan kegiatan pembinaan Nagari Statistik,” terangnya.
(019)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait