DPRD Padang Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun 2023 oleh Wako

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun 2023 oleh Wali Kota Padang, Rabu (13/3/2024). (Foto: ARMAN SULEMAN/,SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun 2023 oleh Wali Kota Padang, Rabu (13/3/2024).

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna tersebut digelar di Ruang Sidang Utama Lantai II Gedung Baru DPRD Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan No. 1 Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen, didampingi Wakil Ketua Ilham Maulana dan Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar.

Rapat paripurna yang digelar di awal bulan suci Ramadan tersebut dihadiri segenap anggota DPRD Kota Padang, Sekretaris Daerah Kota Padang dan unsur Forkopimda.

Rapat paripurna itu juga dihadiri oleh para asisten Setdako Padang, Inspektur, Kepala OPD, Kepala Kantor, para Camat, Kepap Bagian, Direktur Utama RSUD, dan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Rapat paripurna sempat dihujani interupsi para anggota dewan.

Pasalnya, pada rapat paripurna teresebut, Walikota Padang Hendri Septa hanya diwakili Sekdako Padang Andree Algamar.

Anggota dewan menginginkan, penyampaian LKPJ Tahun 2023 dibacakan langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, bukan oleh Sekdako.

Akhirnya, pimpinan rapat paripurna, Arnedi Yarmen mengskorsing jalannya rapat paripurna sampai Wali Kota Padang Hendri Septa datang ke ruangan Sidang Utama Gedung Baru DPRD Kota Padang.

“Dengan ini, kami skorsing jalannya rapat paripurna ini sampai saudara Wali Kota Padang hadir di ruangan ini,” ungkap Arnedi Yarmen sembari mengetuk palu tanda skorsing rapat paripurna.

Cukup lama rapat paripurna tersebut diskorsing dan anggota DPRD Kota Padang terlihat terlibat diskusi dengan sesama mereka.

Di sela-sela skorsing tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Mastilizal Aye berkesempatan menjawab pertanyaan wartawan seputar banjir yang melanda Kota Padang, di sesi wawancara dengan wartawan, baik itu wartawan televisi, cetak harian, dan media siber.

Setelah Wali Kota Padang Hendri Septa memasuki ruang sidang dan mengambil tempat duduk yang disediakan, rapat paripurna kembali dibuka oleh pimpinan sidang Arnedi Yarmen.

“Kami persilahkan saudara Wali Kota menyampaikan LKPJ Tahun 2023,” sebut Arnedi Yarmen, unsur pimpinan DPRD Kota Padang dari PKS.

Selanjutnya, pimpinan rapat paripurna, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan LKPJ Tahun 2023 di hadapan semua anggota dewan dan para undangan rapat paripurna.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pimpinan rapat paripurna yang terhormat,” ucap Wako Hendri Septa mengawali penyampaiannya.

Pada kesempatan itu, Wako menyampaikan pencapaian Pemko Padang, terutama program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Jota Padang.

 

“Untuk mengejar target proses belajar mengajar satu shif, Alhamdulillah sudah hampir 500 RKB kita bangun, sesuai target progul kita,” cakapnya.

Dikatakan, ini merupakan upaya Pemko Padang dalam meningkatkan standar pendidikan dan mendukung kelancaran proses belajar-mengajar bagi siswa di Kota Padang.

Pembangunan RKB ini, jelas Hendri Septa, merupakan bagian dari 11 program unggulan (progul) yang diusung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang tahun 2019-2024.

Wako Hendri Septa optimis bahwa hal ini akan menciptakan generasi muda Kota Padang yang cerdas dan unggul, sebagai calon pemimpin kota dan bangsa di masa depan.

Dikatakan Wako, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, Indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Metode Baru Kota Padang adalah 83,29.

“Alhamdulillah, IPM Kota Padang di atas rata-rata Sumatera Barat, bahkan nasional,” ungkapnya.

Setelah menyampaikan LKPJ Tahun 2023, Wako mengucapkan selamat berpuasa bagi anggota DPRD Kota Padang dan undangan rapat paripurna.

“Marhaban Ya Ramadan, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita menjadi insan yang bertakwa sebagaimana harapan kita semua,” ujarnya.

Sebelum rapat paripurna ditutup, Ketua Fraksi Partai Gerindra Mastilizal Aye dan Wakil Ketua Komisi I Budi Syahrial mempertanyakan surat dari Fraksi Partai Gerindra terkait pergantian Ketua DPRD Kota Padang dan Ketua Fraksi Partai Gerindra.

“Kami minta Ketua Fraksi Partai Gerindra segera dilewakan sesuai dengan isi surat yang kami masukan beberapa waktu lalu,” ungkap Mastilizal Aye.

Menanggapi itu, Arnedi Yarmen mengatakan akan membahas surat itu sesegera mungkin dengan unsur pimpinan yang lain, dan agar segera diagendakan Bamus. (000/PAR)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait