Empat Hobi yang Bisa Mengasah Kecerdasan

Hobi yang mengasah kecerdasan
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Banyak yang meyakini bahwa orang dilahirkan dengan tingkat kecerdasan tertentu. Namun, setiap orang bisa memaksimalkan kecerdasan mereka dengan berbagai usaha.

Bacaan Lainnya

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa setiap orang benar-benar dapat meningkatkan potensi kecerdasan dan menikmati perkembangan diri dalam prosesnya.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mempelajari keterampilan baru seperti hobi, otak menciptakan jalur saraf baru yang membuatnya bekerja lebih cepat dan lebih baik.

Lantas apa saja hobi yang mengasah kecerdasan? Berikut daftarnya dikutip dari Business Insider.

  1. Membaca Apa Saja

Manfaat membaca adalah sama baiknya dengan menikmati sebuah film atau series yang menyenangkan.

Membaca juga dapat mengurangi stres, yang membuat mental merasa lebih baik tentang diri sendiri dan meningkatkan ketiga jenis kecerdasan yakni terkristalisasi, cair, dan emosional.

Kecerdasan itu membantu dalam pemecahan masalah, menyatukan potongan-potongan pengetahuan yang berbeda untuk menavigasi kehidupan sehari-hari dengan lebih baik, mendeteksi pola, memahami proses, dan secara akurat menafsirkan dan menanggapi perasaan orang lain.

Di tempat kerja, kecerdasan ini diterjemahkan menjadi pemahaman yang lebih baik bagaimana membuat sesuatu terjadi dan keterampilan manajerial yang lebih baik.

  1. Berolahraga secara Teratur

Olahraga teratur jauh lebih efektif daripada olahraga berat tapi cuman sekali. Saat berolahraga secara teratur, sel dibanjiri BDNF yakni protein yang membantu daya ingat, belajar, fokus, konsentrasi, dan pemahaman.

Kondisi ini juga sering disebut sebagai ketajaman mental. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa duduk dalam waktu lama memiliki pengaruh sebaliknya dan sebenarnya menghambat otak kita untuk bekerja sebaik mungkin.

  1. Mempelajari Bahasa Baru

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menguasai dua bahasa lebih baik dalam memecahkan teka-teki daripada orang yang hanya berbicara satu bahasa.

Berhasil mempelajari bahasa baru memungkinkan otak untuk melakukan tugas yang menuntut mental dengan lebih baik. Termasuk keterampilan eksekutif yang khas seperti perencanaan dan pemecahan masalah.

Selain itu, berbicara setidaknya dua bahasa secara positif memengaruhi kemampuan untuk memantau lingkungan dan mengarahkan perhatian ke proses dengan lebih baik.

  1. Melatih Otak

Sudoku, teka-teki, permainan papan, video game, permainan kartu, dan aktivitas serupa dapat meningkatkan neuroplastisitas.

Ini mencakup berbagai macam perubahan pada jalur saraf dan sinapsis yang pada dasarnya adalah kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri.

Ketika sel-sel saraf merespons dengan cara baru, itu meningkatkan neuroplastisitas, yang memungkinkan kita lebih banyak kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan memahami sebab dan akibat dari perilaku dan emosi.

Orang dengan neuroplastisitas tinggi tidak rentan terhadap kecemasan dan depresi. Lalu saat belajar juga lebih cepat dan lebih banyak bisa menghafal.

Nah, itulah beberapa hobi yang mengasah kecerdasan. Apakah ada yang sudah Anda lakukan? (006/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait