Inilah 10 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, 40 Kali Lipat Bima Sakti

10 Galaksi Terbesar
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Galaksi adalah rumah bagi bintang dan planet yang memiliki ukuran yang sangat luas. Diprediksi oleh astronom, alam semesta telah menyimpan lebih dari 200 miliar galaksi dengan berbagai ukuran.

Bacaan Lainnya

Planet Bumi sendiri berada di galaksi bernama Bima Sakti yang memiliki bentuk spiral. Dari segi ukuran, ada banyak galaksi yang lebih besar dari Bima Sakti di alam semesta.

Berikut ini 10 galaksi terbesar di alam semesta, dikutip dari World Atlas.

  1. Galaksi IC 1101

IC 1101 diklasifikasikan sebagai galaksi elips supergiant dan dinobatkan sebagai galaksi paling besar di alam semesta dengan diameter mencapai 4 juta tahun cahaya.

Ukuran tersebut sangat mengagumkan karena 40 kali lebih besar dari Bima Sakti yang hanya memiliki diameter 100 ribu tahun cahaya.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat lubang hitam supermasif yang merupakan lubang hitam terbesar di alam semesta.

  1. Galaksi Hercules A

Hercules A termasuk dalam galaksi terbesar di dunia karena diperkirakan memiliki diameter 1,5 juta tahun cahaya. Galaksi ini juga diklasifikasi sebagai galaksi super elips supergiant.

Sayangnya, galaksi ini memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya dengan memancarkan dua pancaran gelombang radio raksasa. Sinar-sinar yang sangat energik ini menyulitkan para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut terkait galaksi ini.

  1. Galaksi A2261-BCG

Sebagai galaksi terbesar ketiga di alam semesta, A2261-BCG memiliki diameter satu juta tahun cahaya dan dilengkapi dengan sepuluh triliun bintang. Ukurannya yang menakjubkan membuat galaksi ini 10 kali lebih besar dibandingkan galaksi Bima Sakti.

Uniknya, galaksi ini menjadi satu-satunya galaksi yang tidak memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Namun, alasan di balik fenomena tersebut masih belum diketahui hingga saat ini.

  1. Galaksi ESO 306-17

Memiliki ukuran yang sama dengan A2261-BCG, yaitu satu juta tahun cahaya, ESO 306-17 dinobatkan menjadi salah satu galaksi paling besar di alam semesta.

Tidak seperti yang lainnya, galaksi ini terlihat menyendiri dalam ruang kosong di alam semesta. Para astronom memperkirakan bahwa galaksi ini telah menyerap galaksi lain di sekitarnya yang membuat ukurannya menjadi sangat besar.

  1. Galaksi Komet

Galaksi Komet adalah galaksi kelima terbesar di alam semesta dengan ukuran 600 ribu tahun cahaya dan akan bergerak dengan kecepatan 3,22 juta kpj.

Kecepatan miliknya membuat galaksi spiral ini terkoyak oleh gaya gravitasi galaksi lainnya saat ia melintas di ruang angkasa.

Gaya gravitasi yang digabungkan dengan kecepatan milik galaksi ini, menyebabkan terbentuknya ekor material yang sangat besar sehingga membuatnya terlihat seperti komet.

  1. Galaksi Condor

Galaksi Condor memiliki diameter 522 ribu tahun cahaya dan dinobatkan sebagai galaksi terbesar keenam di alam semesta. Ia merupakan galaksi spiral besar dengan dilengkapi dua lengan spiral yang membentang ke luar.

Lengan spiral yang dimiliki oleh galaksi ini, diperkirakan oleh para astronom disebabkan oleh tabrakan singkat Galaksi Condor dengan galaksi terdekat lainnya jutaan tahun yang lalu.

  1. Galaksi UGC 2885

Selanjutnya ada galaksi spiral yang diameternya berukuran 463 ribu tahun cahaya. Galaksi ini terletak di wilayah dengan ruang yang cukup kosong.

Sayangnya, galaksi ini tidak menyerap galaksi lain di sekitarnya sehingga menjadi sangat besar, tetapi UGC 2885 tumbuh dari akresi sejumlah besar hidrogen.

  1. Galaksi ESO 444-46

Sebagai galaksi terbesar kedelapan, ESO 444-46 memiliki diameter sebesar 400 ribu tahun cahaya. Ia menjadi rumah bagi salah satu populasi gugus bintang terbesar di alam semesta, diperkirakan berjumlah 27.000.

Uniknya, galaksi ini juga diyakini memiliki ukuran yang besar karena telah menyerap banyak galaksi lain.

  1. Galaksi Kecebong

Galaksi spiral ini memiliki ukuran diameter 280 ribu tahun cahaya. Galaksi ini juga memiliki sebuah fitur unik yang menjadi pembeda dengan galaksi lain.

Pasalnya, Galaksi Kecebong akan diikuti oleh serangkaian bintang besar yang membentuk apa yang tampak seperti kecebong.

Ekor milik galaksi ini lah yang membuat Galaksi Kecebong sangat luas karena membentang ribuan tahun cahaya. Para astronom memercayai bahwa jejak bintang tersebut tersebut muncul karena ada galaksi lain yang mendekati galaksi ini di masa lalu.

  1. Galaksi Andromeda

Terakhir melengkapi sepuluh besar ada galaksi Andromeda yang memiliki diameter sebesar 200 ribu tahun cahaya ini. Galaksi ini memiliki kemiripan dengan Galaksi Bima Sakti.

Bahkan para astronom memperkirakan dalam sepuluh miliar tahun ke depan, Bima Sakti dan Andromeda kemungkinan akan bergabung bersama dan membentuk galaksi yang lebih besar.

Itulah penjelasan mengenai 10 galaksi terbesar di alam semesta. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait