Fakta Menarik Kekaisaran Romawi, Kota Tak Pernah Tidur hingga Gladiator

Fakta Menarik Kekaisaran Romawi, Kota Tak Pernah Tidur hingga Gladiator. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kekaisaran Romawi adalah salah satu kekaisaran yang pernah berjaya di dunia pada masanya.

Bacaan Lainnya

Kekaisaran yang berpusat di Roma, Italia ini banyak menyimpan fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Kekaisaran Romawi.

  1. Kota yang Tak Pernah Tidur

Roma, ibu kota Kekaisaran Romawi, sering dianggap sebagai kota yang tak pernah tidur. Pada puncak kejayaannya, kota ini dihuni oleh lebih dari satu juta orang dan selalu penuh dengan aktivitas, dari pasar yang ramai hingga pesta-pesta mewah para bangsawan.

  1. Jalan Raya Romawi

Kekaisaran Romawi terkenal dengan jaringan jalan rayanya yang luas. Mereka membangun lebih dari 400.000 km jalan, termasuk lebih dari 80.000 km yang berlapis batu. Jalan-jalan ini memudahkan pergerakan tentara, perdagangan, dan komunikasi di seluruh kekaisaran.

  1. Pemandian Umum

Pemandian umum atau thermae adalah salah satu pusat kehidupan sosial di Roma. Selain untuk mandi, tempat ini juga digunakan untuk bersantai, berolahraga, dan berbisnis.

  1. Gladiator dan Colosseum

Pertarungan gladiator adalah hiburan populer di Kekaisaran Romawi. Colosseum di Roma, yang bisa menampung sekitar 50.000 penonton, adalah arena terbesar yang dibangun untuk tujuan ini. Pertarungan ini sering kali brutal dan mematikan, tapi sangat digemari oleh publik.

  1. Hukum Romawi

Sistem hukum Romawi adalah salah satu warisan terbesar dari kekaisaran ini. Banyak prinsip hukum modern yang berasal dari hukum Romawi, seperti konsep “tidak bersalah sampai terbukti bersalah” dan hak untuk membela diri di pengadilan.

  1. Latin

Bahasa Latin, yang digunakan di Kekaisaran Romawi, menjadi dasar bagi banyak bahasa modern di Eropa, seperti Italia, Prancis, Spanyol, Portugis, dan Rumania. Selain itu, Latin juga menjadi bahasa utama dalam ilmu pengetahuan, hukum, dan agama di Eropa selama berabad-abad.

  1. Senat dan Republik

Sebelum menjadi kekaisaran, Roma adalah sebuah republik yang dipimpin oleh senat. Meskipun kekuasaan berpindah ke tangan kaisar setelah republik berakhir, senat tetap ada dan memiliki peran penting dalam administrasi negara.

  1. Augustus Caesar

Augustus Caesar, atau Octavianus, adalah kaisar pertama Romawi. Dia memerintah dari tahun 27 SM hingga 14 M dan membawa periode damai dan kemakmuran yang dikenal sebagai Pax Romana (Damai Romawi). (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait