Gedung Layanan Perpustakaan Mulai Dibangun, Peletakan Batu Pertama oleh Bupati

Bupati Hamsuardi didampingi unsur Forkopimda beserta stakeholder terkait lainnya, saat peletakan batu pertama pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Pasaman Barat, Selasa (21/5/2024). (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Dalam rangka meningkatkan minat serta budaya membaca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan membangun Gedung Layanan Perpustakaan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Hamsuardi menandai dimulainya pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan tersebut, yang dilaksanakan di Komplek Pertanian Padang Tujuh, Kecamatan Pasaman, Selasa (21/5/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam acara itu, hadir juga Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat, perwakilan Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, perwakilan Pengadilan Agama Pasaman Barat, staf ahli, asisten, kepala OPD, Bunda Literasi Pasaman Barat, Ketua GOW Pasaman Barat, camat, ketua forum dan pegiat literasi, perwakilan Taman Bacaan Pasaman Barat, dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras hingga peletakan batu pertama perpustakaan impian itu dapat diwujudkan. Kehadiran Gedung Layanan Perpustakaan ini diyakini akan semakin menambah ketersediaan fasilitas ruang baca, terutama dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat serta budaya membaca masyarakat Pasaman Barat.

Pasaman Barat memiliki universitas, sekolah serta ASN dan masyarakat yang membutuhkan keberadaan layanan perpustakaan. Gedung Layanan Perpustakaan ini dibangun dua lantai, sehingga masyarakat, anak-anak sekolah, mahasiswa bisa berkegiatan di perpustakaan selain membaca.

“Kita berharap setelah gedung ini selesai dibangun, mari manfaatkan bersama layanan perpustakaan, sosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat datang, kita juga siapkan fasilitasnya sebab tempat ini sangat kita harapkan.

Ditambahkan, tujuan Gedung Layanan perpustakaan agar menjadikan Pasaman Barat kabupaten yang literasi. Selain itu, gedung layanan perpustakaan ini nantinya akan menjadi ruang publik, sehingga masyarakat bisa mengembangkan keahlian dan meningkatkan ekonomi.

“Pembangunan gedung layanan perpustakaan ini juga merupakan proyek besar, dan kita berharap semua pihak terkait, bekerja sama hingga jalannya pembangunan dapat diawasi,” tegasnya.

Laporan pelaksana oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Muharram menyebut, pembangunan fisik gedung layanan perpustakaan itu dibiayai dari anggaran DAK tahun 2024 bidang pendidikan sub bidang perpustakaan dengan pagu anggaran sebesar Rp10 miliar.

Proses pengajuan bantuan DAK ke Perpusnas pada tahun2022, pembuatan DED dan RAB pada tahun 2023 dengan nilai kontrak Rp100 juta. Proses pengajuan lelang fisik dan pengawasan ke ULP pada Februari 2024. Penetapan pemenang atas CV Dian RP pada bulan Maret 2024.

“Penetapan pemenang seleksi konsultan pengawas pada Maret 2024, kontrak fisik senilai Rp8.298.197.315 dengan kontrak 30 April sampai dengan 25 November 2024, kontrak pengawas Rp328.374.075,” jelasnya.

Gedung layanan perpustakaan daerah itu dibangun dua lantai. Lantai pertama terdiri dari area baca lansia dan disabilitas, ruang Informasi, ruang baca referensi, ruang rak buku perpustakaan konvensional, ruang pameran galeri (ruang serba guna), studio 3D mini, ruang pengelola, area perpustakaan digital, area anak-anak dan ibu menyusui, ruang salat, kantin literasi.

“Sedangkan untuk lantai dua terdiri dari ruang kepala perpustakaan, area perpustakaan digital, ruang serba guna, workshop, penelitian dan kreasi, dan area staf,” paparnya.

Di akhir acara, dilakukan secara simbolis penyerahan penghargaan bagi pengawasan kearsipan internal 2023 oleh Bupati Hamsuardi, Bunda Literasi, Ketua GOW dan Forkopimda kepada BKAD Maibonni, Kesbang, dan Inspektorat.

Selain itu, diberikan juga penyerahan bantuan 1000 buku dan rak buku untuk sembilan Nagari, meliputi perpustakaan Nagari Aua Kuniang, Nagari Batahan, Nagari Desa Baru, Nagari Kajai, Nagari Koto Baru, Nagari Sasak, Nagari Sungai Aua, Nagari Talu dan Nagari Ujung Gading. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait