Gubernur Mahyeldi Lepas Keberangkatan Wapres RI, 2 Hari Kunker di Sumbar

Wapres RI beserta rombongan berangkat menuju Jakarta, menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU pada pukul 16.05 WIB. (Foto: Pemprov Sumbar/sumbarfokus.com)

PADANG PARIAMAN (SumbarFokus)

Dua hari usai menjalani kunjungan ke Sumatera Barat, Wakil Presiden Republik Idonesia Ma’ruf Amin bertolak ke Jakarta, Jumat (8/9/2023) sore, dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Wapres RI beserta rombongan berangkat menuju Jakarta, menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU pada pukul 16.05 WIB.

Bacaan Lainnya

Keberangkatan Wapres diantar langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi bersama Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Harneli Mahyeldi.

“Alhamdulillah, selama dua hari di Sumbar, seluruh kegiatan Bapak Wapres bisa kita selenggarakan dengan aman dan lancar,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Disampaikan, ketika Sumatera Barat menjadi pilihan pelaksanaan iven-iven nasional menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemprov Sumbar. Karena kehadiran banyak orang ke Sumbar akan makin positif bagi perekonomian Sumatera Barat.

Selain itu, kepercayaan menjadi lokasi tuan ruman iven nasional juga menunjukan komitmen Pemprov Sumbar untuk mensukseskan program pemerintah pusat di Sumbar.

“Kita selalu komit mensukseskan iven-iven nasional di Sumbar. Karena itulah kita selalu menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Diketahui, kehadiran Wapres Ma’ruf Amin ke Sumbar didamping Ibu Wury Amin mengikuti sejumlah agenda. Selama dua hari (7-8 September) di Sumbar, Wapres RI menghadiri beberapa kegiatan, di antaranya meresmikan Pembukaan Minangkabau Halal Festival di Universitas Negeri Padang.

Minangkabau Halal Festival merupakan ajang festival produk halal tingkat nasional yang dikemas dengan konsep edukasi dan hiburan, serta disediakan fasilitas pelayanan sertifikasi halal. Terdapat 134 UMKM yang dihadirkan pada ajang festival halal pertama di Sumatra Barat ini, baik berasal dari Sumatra Barat dan luar Sumatra Barat.

Kemudian, menghadiri World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 High Level Dialogue bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang di Hotel Pangeran Beach, Padang. WIES 2023 merupakan ajang pertemuan yang dihadiri delegasi 13 negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI, terdiri dari pemerintahan, pemangku kebijakan industri halal, perwakilan sektor pariwisata, pengusaha perempuan, dan pengusaha muda.

Rangkaian kegiatan WIES 2023 yang dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 9 September 2023 ini merupakan ajang kolaborasi pertama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama dengan para pengusaha muslim.

Adapun WIES 2023 terdiri dari pelaksanaan konferensi, tourism and travel mart dan tabletops, Expo UMKM, Modest Fashion Walk, Business Matching Pengusaha dan UMKM, e-Sport Competition, serta Kuliner dan Post Tour di Sumatra Barat. Pada akhir penyelenggaraan pertemuan ini, WIES 2023 juga akan mendeklarasikan terbentuknya World Islamic Entrepreneur Forum.(000/adpsb)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait