KAN Lubuk Basung Dinilai Tim Provinsi Sumbar 2023

Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam Edi Busti hadiri sekaligus menyambut Tim Penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Pemkab Agam/sumbarfokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam Edi Busti hadiri sekaligus menyambut Tim Penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Bacaan Lainnya

Penyambutan pada Jumat (8/9/2023) itu diawali dengan tari galombang dan atraksi pencak silat di halaman kantor KAN Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung.

Dalam sambutannya, Sekda Agam menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai KAN Terbaik Tingkat Sumatera Barat dan sekaligus berterima kasih karena telah menempatkan KAN Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam sebagai salah satu nominator KAN Terbaik di Sumatera Barat tahun 2023.

Dikatakan, KAN adalah lembaga yang merupakan perwujudan permusyawatan perwakilan tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan niniak mamak dan unsur alim ulama nagari, cadiak pandai, dan bundo kanduang dalam nagari sesuai dengan adat salingka nagari.

“KAN betul-betul harus menjalankan fungsinya dengan baik agar masyarakat nagari memahami dan menerapkan adat dan budaya Minangkabau sebagaimana mestinya,”ujarnya.

Sekda Agam menyebutkan, Pengurus KAN harus punya kepedulian dan perhatian yang tinggi dalam mengurus organisasinya, dan selalu berupaya meningkatkan kapasitas untuk meningkatkan kualitas organisasi.

“Sebuah organisasi apapun bentuknya akan memberi manfaat kepada seluruah anggotannya, ketika manfaat itu dirasakan oleh anggota organisasi itu,”ungkapnya.

KAN Lubuk Basung, sambungnya, adalah KAN yang mandiri. KAN yang melakukan berbagai kerjasama termasuk restorative justice dengan kejaksaan.

“Tidak seluruh persoalan harus diselesaikan secara pidana maupun perdata dan KAN dapat menyelesaikan persoalan-persoalan diantara itu, ini salah satu kelebihan dari KAN Lubuk Basung yang merupakan KAN terbaik di Kabupaten Agam,”ujarnya.

Disamping itu lanjut Sekda Agam, KAN Lubuk Basung terus berupaya memperjuangkan hak alamiah yang dimiliki sebuah nagari sehingga keberadaan KAN sangat dirasakan baik dari anggota maupun masyarakat Nagari Lubuk Basung.

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait