Hindari Pelupa, Terapkan Gaya Hidup Ini

Ilustrasi lupa. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Lupa merupakan hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, bagaimana jika lupa menjadi suatu kebiasaan dan bawaan yang menyulitkan aktivitas? Tentu hal ini sangat mengganggu.

Bacaan Lainnya

Untuk mengurangi risiko lupa dan meningkatkan kesehatan otak serta fungsi kognitif, ada beberapa gaya hidup yang dapat Anda terapkan:

1. Rutin Berolahraga
Olahraga teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak, merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru, dan meningkatkan koneksi antar sel saraf. Cobalah untuk melakukan jenis olahraga yang Anda nikmati, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

2. Pola Makan Sehat
Nutrisi yang baik dapat mendukung kesehatan otak. Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan, omega-3, vitamin, dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Cukup Tidur
Tidur yang cukup penting untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif yang baik. Cobalah untuk mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur setiap malam agar otak Anda dapat memproses informasi dan memperbarui dirinya sendiri.

4. Tantangan Kognitif
Latih otak Anda dengan tantangan kognitif, seperti teka-teki, permainan otak, atau aktivitas yang memerlukan pemecahan masalah. Ini dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

5. Jaga Kesehatan Mental
Stress, kecemasan, dan depresi dapat mempengaruhi kesehatan otak. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya. Jika Anda mengalami masalah kesehatan mental, carilah bantuan dari profesional kesehatan mental.

6. Jaga Berat Badan Sehat
Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang dapat mempengaruhi aliran darah ke otak. Jaga berat badan sehat dengan pola makan seimbang dan aktifitas fisik teratur.

7. Sosialisasi
Interaksi sosial yang baik dapat merangsang otak dan melawan isolasi sosial yang dapat mempengaruhi kesehatan mental. Ajak teman-teman atau keluarga untuk berkumpul secara teratur.

8. Rencanakan dan Organisir
Buat jadwal, catat catatan, atau gunakan alat bantu organisasi untuk membantu Anda mengingat tugas-tugas sehari-hari dan menghindari lupa.

9. Pemeliharaan Kesehatan Umum
Pastikan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, mengelola kondisi kesehatan kronis dengan baik, dan mengikuti anjuran medis yang diberikan oleh dokter.

Kombinasi gaya hidup sehat ini dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko lupa. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk saran dan informasi lebih lanjut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait