HUT Bhayangkara ke-78, Kapolda Sumbar Buka Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda CUP 2024

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono secara resmi membuka ajang kejuaraan Badminton "Kapolda CUP 2024", di Hall Bulutangkis Polda Sumbar Badminton, Jalan Sudirman, Kota Padang, Rabu (19/6/2024) sore. (Foto: Polda Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono secara resmi membuka ajang kejuaraan Badminton “Kapolda CUP 2024”, di Hall Bulutangkis Polda Sumbar Badminton, Jalan Sudirman, Kota Padang, Rabu (19/6/2024) sore.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, Kasiter Korem Wirabraja dan stakeholder lainnya, serta Pejabat Utama Polda Sumbar.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada 1 Juli 2024 nanti.

“Dalam rangkaian menyambut HUT Bhayangkara ke-78 ini kita melaksanakan pertandingan dan perlombaan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Khusus di Sumbar dan juga referensi dari perintah Kapolri salah satunya ada cabang keolahragaan Badminton yang nanti akan dipertandingkan di tingkat pusat,” katanya.

Irjen Pol Suharyono melanjutkan, sebelum ke tingkat pusat itu, Polda Sumbar menyelenggarakannya dahulu di tingkat provinsi.

“Kita membuka kesempatan dari internal maupun eksternal, namun di tingkat pusat khusus untuk internal saja. Namun setidaknya kita bisa melihat prestasi dari adik-adik dan+ anak-anak kita, yang nantinya akan kita laporkan ke gubernur dan pihak terkait,” ujarnya.

Kapolda Sumbar menambahkan, peserta kejuaraan Badminton Kapolda Cup ini begitu banyak, ada sekitar 800 hingga 900 orang.

“Bahkan ada dari luar provinsi Sumbar, itu karena kita batasi, kalau tidak akan banyak yang ikut. Intinya iven ini bukan masalah menang dan kalahnya tetapi bagaimana anak-anak kita itu menunjukkan prestasi terbaiknya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kombes Pol Teddy Rayendra mengatakan, iven ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi Polri (Polda Sumbar) untuk mendukung bangkitnya olahraga nasional khususnya Sumatera Barat.

Kegiatan ini dijadikan sebagai barometer perkembangan prestasi para atlet muda dan sebagai ajang bagi para pencinta bulu tangkis terhadap pertandingan yang berkualitas.

“Dengan Harapan akan bermunculan bibit-bibit yang berkualitas sebagai penerus prestasi bulu tangkis di tingkat regional, nasional bahkan internasional,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, total peserta berjumlah 1.020 dengan 646 pertandingan. Sementara itu total hadiah Rp140 juta.

“Kita ingin menggali bakat dan potensi atlet muda Bulu tangkis di Provinsi Sumatera Barat, menggairahkan dan memasyarakatkan olahraga Bulutangkis, memberikan wadah dan mendorong minat Olahraga Bulu tangkis bagi anak-anak muda dan mencegah anak-anak muda ke hal-hal negative dan perilaku menyimpang,” ujarnya.

Diketahui, iven ini dilaksanakan selama 5 hari dari Tanggal 19 — 23 Juni 2024, dengan peserta diikuti perwakilan dari Club/ PB di Pengprov, Pengkot/Pengcab di Sumatera serta beberapa Instansi di Sumatera Barat yang akan mengikuti tournament terbagi dalam beberapa kategori Atlet

Berikut rinciannya:
Kategori Tunggal
Tunggal Usia Dini Putra : 62
Tunggal Usia Dini Putri : 19
Tunggal Anak-anak Putra : 77
Tunggal Anakanak Putri : 23
Tunggal Pemula Putra : 83
Tunggal Pemula Putri : 29
Tunggal Remaja Putra : 46
Tunggal Remaja Putri : 19

Kategori Ganda
Ganda Beregu antar Instansi : 20 Tim
Ganda Beregu Satker/ Satwil : 34 Tim
Ganda Ruri Polwan : 32 Tim.

(000/003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait