Jelang Pergantian Tahun, PLN Pantau seluruh Posko Siaga Kelistrikan Sumbar

Berbagai langkah telah digulirkan, mulai dari gelaran apel siaga nataru, menyiagakan ribuan personel dan peralatan, hingga menyiapkan posko siaga dan posko mudik yang tersebar di seluruh Indonesia. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Menyongsong datangnya Tahun Baru 2024, PT PLN (Persero) memastikan seluruh masyarakat menikmati pasokan listrik yang aman dan andal. Berbagai langkah telah digulirkan, mulai dari gelaran apel siaga nataru, menyiagakan ribuan personel dan peralatan, hingga menyiapkan posko siaga dan posko mudik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, untuk lebih mengoptimalkan kelancaran pasokan listrik di momen tahun baru ini, PT PLN (Persero) menyelenggarakan video conference dengan seluruh Unit Induk dan Unit Pelaksana yang tersebar di seluruh Indonesia pada Minggu (31/12/2023). Vcon dengan PLN pusat dipimpin secara hybrid oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo. Sementara di Sumatera Barat, acara diawali dengan vcon bersama seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan Unit Layanan Pelanggan (ULP), yang dipimpin oleh General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho. Vcon UID Sumbar sendiri terpusat di ruang control (dispatcher) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumbar.

PLN telah menegaskan kesiapan seluruh unit dalam menjaga keandalan pasokan listrik saat apel siaga gelar pasukan untuk mengamankan pasokan listrik dalam siaga Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang dilaksanakan pada pertengahan Desember lalu.

Eric mengungkapkan PLN sangat siap menjaga keandalan pasokan listrik di momen pergantian tahun baru dan telah menyiapkan jauh-jauh hari langkah pengamanan dengan menyiagakan 1359 petugas yang standby mengamankan pasokan listrik serta menetapkan 49 lokasi prioritas seperti Gereja, Kantor Pemda, Kantor TNI/Polri, Rumah Sakit dan beberapa area umum lainnya di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

“Kami telah memastikan semua unit siaga penuh selama masa siaga Nataru 2023 yang dimulai dari tanggal 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 mendatang, sementara untuk wilayah kerja Sumbar PLN akan siaga penuh dengan 1359 Personel di 169 posko yang terdiri dari 35 posko PLN dan 134 posko pelayanan teknik yang akan beroperasi 24 jam untuk pengamanan natal dan tahun baru. Langkah ini untuk memastikan kenyamanan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat menikmati libur Nataru,” jelas Eric.

Selama masa siaga PLN menyediakan posko mudik di tiga lokasi diantaranya Kantor PLN yakni ULP Sitiung, ULP Lubuk Sikaping dan ULP Lima Puluh Kota. Posko mudik tersebut dapat memenuhi kebutuhan pemudik untuk istirahat dan menepi dengan fasilitas yang tersedia seperti snack dan charging station.

Selain posko mudik, juga tersedia stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), tempat untuk melakukan pengisian kembali daya listrik bagi pengguna listrik yang dapat digunakan kapan saja dan tersebar di tiga lokasi mulai dari Kota Padang di Kantor PLN Sawahan, Kantor PLN UP3 Solok, dan kota Payakumbuh tepatnya di GH Payakumbuh.

“Beban puncak pada malam tahun baru 2024 mencapai 511,7 MW. PLN terus memastikan layanan terbaik kepada masyarakat, dengan kondisi surplus daya dengan total pembangkit berkapasitas 785,8 MW dan cadangan daya pembangkit sebesar 273,3 MW,” terang Eric lagi.

Selain mempersiapkan posko siaga nataru, PLN juga telah menyiagakan petugas teknis di lapangan serta ruang control (dispatcher) untuk memantau sistem secara online. Seluruh unit layanan telah stand by dan sigap dalam mencegah dan menormalkan gangguan yang mungkin muncul akibat factor cuaca, dll.

“Kenyamanan pelanggan adalah prioritas kami. Alhamdulillah komitmen kami untuk memastikan aktivitas masyarakat dan wisatawan Sumatera Barat untuk menikmati momen libur pergantian tahun baru dengan suplai listrik yang andal,” imbuhnya.

Upaya ini merupakan bentuk komitmen PLN agar bisa menjaga keandalan pasokan listrik jelang pergantian tahun 2023. Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, gangguan ataupun saran terkait masalah kelistrikan, dapat langsung menghubungi melalui aplikasi PLN Mobile atau dapat juga melalui posko pelayanan kelistrikan terdekat.

Di akhir sesi vcon GM PLN UID mewakili seluruh pegawai PLN UID Sumbar mengucapkan Selamat Menyambut Tahun Baru 2024 untuk seluruh Masyarakat Sumbar, PLN akan terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menerangi hingga pelosok negeri. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait