Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba Masih Jadi Fokus di Agam

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat memastikan akan tetap memberikan atensi khusus terkait kasus narkoba di wilayah hukum Polres Agam di tahun 2024. (Foto: ANIZUR/SumbarFokus.com)

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat memastikan akan tetap memberikan atensi khusus terkait kasus narkoba di wilayah hukum Polres Agam di tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Atensi terhadap kasus narkoba tetap menjadi prioritas utama kita di Polres Agam,” kata Kapolres, dalam konferensi pers akhir tahun, di Aula Wibisono Mapolres Agam, Minggu (31/12/2023).

Kapolres mengatakan, tahun ini pihaknya berhasil mengungkap 33 kasus peredaran narkoba, dari tahun mengalami peningkatan 8 kasus, atau naik 32 persen.

“Kasus narkoba meningkat dibanding tahun lalu, sehingga tahun depan akan tetap menjadi atensi kita di wilayah hukum Polres Agam,” imbuhnya.

Diakui dari kasus tersebut, Polres Agam berhasil mengamankan 38 tersangka yang juga melibatkan anak-anak di bawah umur sebanyak 2 orang.

“Dari 33 kasus narkoba tersebut, kita mengamankan 38 tersangka, 28 tersangka di antaranya merupakan kasus sabu-sabu dengan total barang bukti sebanyak 24,53 gram, dan 10 tersangka lainnya merupakan kasus ganja dengan barang bukti seberat 1.147,71 gram,” ungkap AKBP Muhammad Agus Hidayat.

Kapolres juga mengatakan, keberhasilan pengungkapan kasus narkoba tersebut tidak lepas dari informasi dan partisipasi aktif dari masyarakat, dan dia terus mengimbau masyarakat untuk melapor jika mengetahui adanya peredaran narkoba di lingkungannya kepada pihak kepolisian

“Penyalahgunaan narkoba merupakan musuh bersama. Mari kita bersama-sama memeranginya untuk menyelamatkan generasi bangsa,” ujar Kapolres.

Selain itu, berdasarkan rilis yang dipaparkan Kapolres Agam, sepanjang tahun 2023, angka kejahatan berhasil ditekan hingga 9 persen.

“Kasus yang ditangani selama periode Januari-Desember 2023 sebanyak 82 kasus. Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 90 kasus,” tutur Kapolres.

Tahun ini, Polres Agam juga berhasil dalam penyelesain perkara sebanyak 79 persen, yakni dari 245 kasus yang diterima telah diselesaikan sebanyak 193 kasus.

“Keberhasilan yang telah diperoleh Polres Agam dengan kerja keras anggota dan dukungan pihak lainnya,” tutur Kapolres.

Kapolres juga mengakui, meski angka kriminalitas menurun 9 persen, tahun 2023 ada kasus yang paling menonjol, yakni pencurian dengan pemberatan (curat), dengan angka kenaikan kasus 500 persen, dari hanya satu kasus di 2022. Ini meningkat menjadi 6 kasus di 2023.

Kemudian, kasus penipuan mengalami kenaikan kasus 133 persen, dari 3 kasus tahun 2022 menjadi 7 kasus di 2023.

“Kasus pembakaran dan pemerkosaan naik 100 persen, tahun kemarin kasus tersebut nihil, tahun ini (2023) satu kasus” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres Agam juga membeberkan, beberapa kasus tindakan pidana mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022, seperti kasus curas, curanmor, pembunuhan judi, dan cabul.

“Kasus curas turun dari tahun kemaren, dari 3 kasus tahun 2022, menjadi 2 kasus tahun ini, sementara itu kasus curanmor juga turun 42 persen, dari 24 kasus menjadi 14 kasus,” ujar Kapolres.

Kasus pembunuhan turun 100 persen dari 1 kasus menjadi nihil, sementara kasus judi juga turun 57 persen, dari 14 kasus di tahun kemarin turun menjadi 6 kasus tahun ini.

“Kasus cabul juga turun 44 persen dari 16 kasus menjadi 9 kasus, kasus pengrusakan tetap 3 kasus, dan kasus penganiayaan berat nihil tahun ini,” paparnya.

Sedangkan dalam penanganan laka lantas di wilayah hukum Polres Agam mengalami kenaikan kasus sebanyak 13 persen, dari 157 kasus di tahun 2022, tahun ini kasus laka lantas meningkat menjadi 177 kasus. Namun begitu, meninggal dunia akibat Lakalantas menurun, dari 31 menjadi 20 orang.

“Dari 177 kasus kecelakaan, korban yang mengalami luka berat juga mengalami penurunan dari 11 orang menjadi 8 orang. Kemudian penyelesaian perkara lakalantas tahun ini naik 14 persen,” sebut Kapolres.

Di sela kegiatan Press Release akhir tahun 2023 tersebut Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat mengharapkan, rekan pers solid dan bersinergi dengan Polri dalam memberikan informasi-informasi Kamtibmas di sekitar wilayah hukumnya.

“Tanpa bantuan dan dukungan rekan-rekan pers, baik itu berupa memberikan informasi maupun mempublikasikan hasil kinerjanya ke ruang publik, terasa tugas Polri ini amatlah berat. Namun sebaliknya, ketika hubungan antara rekan pers dengan Polri itu solid maka tugas yang berat itu akan jauh lebih ringan,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Agam, AKBP Muhammad Agus didampingi oleh Waka Polres Agam Kompol Andrizal Guci, Kabag Ops AKP Yulandi, Kasat Reskrim Iptu Efrian Mustaqim Batiti, dan Kasat Lantas Iptu. Frizen Pinot, serta Kasat Narkoba AKP Aleyxi Aubeydillah. (007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait