Jembatan Akses Utama Warga Simaruok ke Pusat Pemerintahan Agam Dibangun Tahun Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam bakal membangun jembatan gantung Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, menjadi permanen tahun ini. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam bakal membangun jembatan gantung Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, menjadi permanen tahun ini.

Bacaan Lainnya

Pembangunan jembatan penghubung Simaruok dengan pusat pemerintahan nagari itu, sudah sangat lama diimpikan masyarakat.

Kepala DPUTR Agam Ofrizon, Selasa (20/2/2024) mengatakan, pembangunan jembatan itu prioritas I pembangunan di Kecamatan Lubuk Basung, yang sudah masuk RKPD 2024.

“Kita sudah mensurvei dan mengukurnya. Jembatan akan dibangun sepanjang 40 meter, dengan lebar 3 (tiga) meter,” ujarnya.

Pembangunan jembatan katanya, dilakukan Maret atau April tahun ini. Kini prosesnya akan memasuki tahap tender.

“Pembangunan jembatan akan menelan anggaran sekitar Rp6 miliar,” terang Ofrizon.

Terpisah, Wali Nagari Garagahan, Darmalion mengaku sangat bersyukur tingginya perhatian Pemkab Agam terhadap nagari itu.

Sebab katanya, jembatan gantung yang melintasi sungai kelulutan itu akses penghubung utama bagi masyarakat untuk ke pusat pemerintahan nagari atau kabupaten.

“Jembatan gantung itu tidak layak lagi dilalui, karena sudah banyak rusak. Selain lantai, dinding penahannya juga sudah digerus air,” terangnya.

Bahkan selama ini masyarakat sudah berupaya memperbaiki jembatan gantung itu agar tetap bisa dilalui, tapi tidak bertahan lama. Sehingga jembatan itu memang sudah layak dibangun menjadi permanen.

“Pembangunan jembatan ini sudah sangat lama diimpikan masyarakat, semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi,” harapnya. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait