Jenis Jalan Raya Berdasarkan Fungsinya

Jenis Jalan Raya Berdasarkan Fungsinya. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Bagi Anda pengguna jalan raya mungkin merasa bingung ketika mengkategorikan jenis jalan.

Bacaan Lainnya

Jalan raya dapat dikategorikan berdasarkan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan mobilitas masyarakat.

Berikut adalah beberapa jenis jalan raya berdasarkan fungsinya.

1. Jalan Arteri

Jalan ini menghubungkan kota-kota besar dan wilayah-wilayah utama ataupun kawasan regional atau kota kecil dalam sebuah negara. Jalan ini biasanya memiliki kapasitas lalu lintas yang tinggi dan dirancang untuk kecepatan tinggi, namun lebih rendah pada jalan arteri sekunder.

2. Jalan Kolektor

Jalan ini berfungsi mengumpulkan lalu lintas dari jalan-jalan lokal untuk diarahkan ke jalan arteri. Biasanya menghubungkan daerah perumahan dengan pusat-pusat kegiatan ekonomi.

3. Jalan Lokal

Jalan ini melayani akses langsung ke area-area perumahan, komersial, dan fasilitas lokal lainnya. Biasanya memiliki kecepatan rendah dan kapasitas lalu lintas yang lebih kecil.

4. Jalan Lingkungan

Jalan ini biasanya berada dalam kompleks perumahan atau kawasan perkantoran dan industri. Fungsinya untuk melayani mobilitas dalam lingkungan terbatas.

5. Jalan Tol

Jalan ini dirancang untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh dengan cepat dan efisien. Pengguna jalan tol dikenakan tarif sesuai dengan jarak yang ditempuh.

6. Jalan Khusus

Jalan ini memiliki fungsi khusus, seperti jalan akses ke bandara, pelabuhan, kawasan industri, atau kawasan wisata. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait