Kawanan Gajah Liar Obrak-Abrik Pemukiman Warga Peunaron

Salah satu dari tiga rumah warga yang diobrak-abrik kawanan gajah liar di Kabupaten Aceh Timur. (Foto: ISKANDAR/SumbarFokus.com)

ACEH TIMUR (SumbarFokus)

Puluhan kawanan gajah liar memasuki pemukiman warga Dusun Karta Raharja, Desa Sri Mulya, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, Senin, (17/06/2024), sekira pukul 01.00 WIB dini hari.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Serbajadi, Polres Aceh Timur, Polda Aceh, AKP Sudirman menyebutkan, setelah masuk ke pemukiman, gajah liar tersebut merusak rumah dan tanaman kebun warga Dusun Karta Raharja.

Katanya, selain itu, kawanan gajah tersebut juga merusak tigak unit rumah warga Dusun Karta Raharja, di antaranya rumah milik Rukiah (52), Rahman (50), dan Ilyas Bin Ahmad (69).

“Selain merusak tiga rumah warga, juga berbagai jenis tanaman kebun juga ikut diobrak-abrik gajah satwa yang dilindungi itu,” tambahnya.

AKP Surdiaman menyebutkan, saat kejadian rumah tersebut dalam keadaan kosong karena ditinggalkan oleh pemiliknya untuk merayakan Iduladha 1445 H di luar dusun Karta Raharja.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang ditimbulkan oleh aksi gajah ini, warga mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah,” terang Kapolsek.

Lanjut Kapolsek, setelah kejadian ini, pihaknya sudah berkordinasi dengan Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Wilayah III dan Forum Konservasi Leuser (FKL) dan bersama warga menghalau kawanan gajah liar untuk kembali ke habitatnya (hutan).

“Di samping itu kami juga menyampaikan imbauan kepada warga yang tinggal bersinggungan dengan kawasan hutan untuk tidak melakukan perburuan liar,” pinta AKP Sudirman.

Katanya, selain akan berdampak pada keseimbangan ekosistem alam, perburuan liar melanggar hukum dan sanksinya adalah pidana lima tahun penjara. (020)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait