Kekurangan Beras di Sumbar Akibat Bencana Alam, Kepala Dinas Pangan Ungkap Solusinya

Kepala Dinas Pangan Sumbar Syaiful Bahri. (Foto: HALWA NADIYAH/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Faktor erupsi gunung Marapi dan serangkaian bencana alam yang terjadi di tahun ini mengakibatkan beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kekurangan pangan, terutama beras.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Provinsi Sumbar, melalui Dinas Pangan, berupaya mengatasi hal tersebut dengan menyalurkan bantuan beras melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk masyarakat sekitar yang terkena dampak erupsi gunung Merapi dan bencana alam.

“Beras yang dikeluarkan untuk daerah yang terkena bencana adalah beras cadangan kita. Beras cadangan di awal tahun itu ada 400 ton. Ada bencana di agam kita keluarkan. Sedangkan di Pesisir Selatan, sudah kita serahkan 220 ton karena banyaknya dampak dari banjir dan longsor,” tutur Kepala Dinas Pangan Sumbar Syaiful Bahri, Kamis, (21/03/2024).

Dijelaskan Syaiful, untuk Padang Panjang, Tanah Datar, dan Agam sebagai daerah terdampak erupsi gunung Marapi juga sudah diserahkan bantuan berupa beras dengan pusatnya di Padang Panjang.

“Kemudian ada erupsi gunung Marapi kita teruskan untuk 2 kabupaten dan 1 kota itu 187 ton lebih,” terangnya.

Sementara, di Kota Padang belum terdapat laporan atau permintaan yang signifikan terkait dengan potensi kekurangan beras akibat bencana alam. (magang-NADIYAH)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait