Kenali Pengertian Premis dalam Bahasa Indonesia dan Jenisnya

Di dalam bahasa Indonesia, terdapat sejumlah istilah yang perlu dipahami dengan cermat, dan salah satunya adalah istilah premis. (Foto: Pin./SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Di dalam bahasa Indonesia, terdapat sejumlah istilah yang perlu dipahami dengan cermat, dan salah satunya adalah istilah premis. Secara keseluruhan, premis dapat dijelaskan sebagai kalimat atau proposisi yang digunakan sebagai dasar dalam berpikir.

Bacaan Lainnya

Pengertian Premis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), premis diartikan sebagai apa yang dianggap benar sebagai dasar kesimpulan, dasar pemikiran, dan alasan.

Menurut Tohardi (2019), premis adalah pernyataan yang digunakan sebagai dasar untuk penarikan kesimpulan. Selain itu, premis juga dapat diartikan sebagai hal-hal yang dianggap benar sebagai dasar pengambilan kesimpulan.

Artinya, dalam suatu premis terdapat informasi mengenai karakter dan atributnya, tindakan atau aksi yang dilakukan, dan situasinya. Biasanya, ketika awal-awal menulis premis, nama karakter belum diungkapkan, sehingga hanya atributnya yang dijelaskan.

Secara umum, premis dapat dibagi menjadi:

  1. Premis Mayor

Premis mayor adalah penjelasan atau hasil dari penjelasan yang bersifat umum dan menyajikan gambaran secara keseluruhan. Informasi yang dihasilkan dari pernyataan ini seringkali digunakan sebagai teori besar. Premis mayor ini mengandung unsur Predikat (P) dan berbentuk kelas (M) atau disingkat M-P.

  1. Premis Minor

Premis minor adalah penjelasan atau pernyataan spesifik dari suatu gagasan. Kemudian, konsekuensi dari pernyataan dalam premis minor ini akan dikenal sebagai teori jangkauan menengah. Premis minor ini melibatkan istilah subjek (P) dan termasuk anggota kelas (M), yang disingkat sebagai S-M.

Dengan memahami pengertian premis dalam Bahasa Indonesia beserta jenis-jenisnya, kita dapat melihat betapa pentingnya elemen ini dalam pembentukan argumen dan penalaran. Dengan demikian, pengetahuan tentang premis dapat menjadi landasan yang kuat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis kita dalam berbagai konteks. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait