Ketua LKAAM Sumbar: Ajak Anak dan Kemenakan Salat Berjemaah ke Masjid

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Sumatera Barat (LKAAM Sumbar) Fauzi Bahar beri tausiyah dalam kegiatan Subuh Berjemaah di Masjid Raya Jihad Padang Panjang, Ahad (8/1/2023). (Foto: Ist.)
PADANG PANJANG (SumbarFokus)
Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Sumatera Barat (LKAAM Sumbar) Fauzi Bahar beri tausiyah dalam kegiatan Subuh Berjemaah di Masjid Raya Jihad Padang Panjang, Ahad (8/1/2023).
Mantan Wali Kota Padang dua periode itu menyebutkan, dengan interaksi yang intens, anak akan tahu apa itu adzan, salat, berwudu, mengaji dan kajian yang diadakan di masjid. Nabi Muhammad SAW membawa cucunya, Hasan dan Husein ke masjid. Diperlihatkan kepadanya cara salat dan sebagainya.

“Tak kalah penting juga masjid harus ramah dan akrab dengan anak-anak. Jangan sampai hanya karena dianggap mengganggu, anak-anak kecil lalu dimarahi dan dilarang ke masjid. Kejadian seperti ini sering sekali terjadi. Karena itu, ada baiknya takmir masjid membuat regulasi atau tempat khusus agar anak tidak ribut mengganggu orang dewasa salat. Salah satunya bisa diberikan shaf khusus anak atau ada yang bertugas menjaganya,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Fauzi dalam hal ini orang tua harus mengambil peran. Sebab, jika tidak, bisa jadi mereka nanti akan mencari tempat lain yang dianggap lebih aman, nyaman dan membahagiakan. Lalu, tempat seperti warung internet, playstation, tempat nongkrong dan sebagainya jadi favorit. Sedangkan masjid ditinggalkan karena dianggap tidak asyik. Masjid pun sepi. Tak ada anak-anak. Isinya hanya orang tua.

“Orang tua juga harus memberikan nasehat, dan motivasi agar anak paham alasan kenapa harus ke masjid. Seringlah mengajari anak membaca Iqra, atau pun Al Quran. Dudukkan mereka di depan Anda atau dipangku lalu minta mereka membaca huruf demi huruf, ayat demi ayat AlQuran,” ucapnya.

Dengan ini, Fauzi berharap, generasi muda khususnya di Sumatera Barat bisa jadi anak yang hebat dan kuat. Bukan hanya karena fisiknya yang kuat, bukan pula hanya karena otaknya yang cerdas, tetapi juga karena hati, dan pikiran yang selalu terpaut ke masjid.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli mengungkapkan, kegiatan Salat Subuh berjemaah merupakan salah satu program prioritas yang rutin dilaksanakan dalam memakmurkan masjid di Kota Padang Panjang.

“Gerakan Salat Subuh berjemaah ini dilaksanakan di setiap masjid-masjid yang ada di Kota Padang Panjang. Kita berharap dengan rutinitas Salat Subuh berjemaah dapat memberi manfaat besar untuk masjid-masjid dan masyarakat,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, OPD, lurah, ketua MUI, Babinsa dan para jemaah lainnya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait