Ketua TP-PKK Agam Sosialisasikan Program DASHAT di Nagari Sitalang

Ketua TP-PKK Agam Sosialisasikan Program DASHAT di Nagari Sitalang. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Yenni Andri Warman bersama Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam sosialisasikan Program BKKBN dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Ditunjuk sebagai narasumber Yenni selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Agam memaparkan materi dengan tema peran rumah tangga dalam penerapan DASHAT untuk cegah stunting di kantor Wali Nagari Sitalang, Senin (10/6/2024).

Yenni menjelaskan, DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) merupakan salah satu program yang dicanangkan BKKBN sebagai salah satu upaya percepatan penurunan stunting.

Ditambahkan, Dashat merupakan tugas seorang ibu yang mempunyai peran utama dalam memenuhi gizi anak untuk penyediaan makanan padat gizi bagi anaknya.

“Sebagai seorang ibu, anak adalah prioritas, apalagi mengenai tumbuh kembangnya sehingga anak terbebas dari gizi buruk dan stunting,” ucapnya.

Yenni menjelaskan, program tersebut ditujukan kepada ibu yang sedang hamil dan melahirkan anak, dimana pada fase tersebut merupakan tahapan rawan bagi seorang ibu dalam memenuhi gizi seimbang kepada anaknya.

“Stunting memiliki dampak pada menurunnya kualitas SDM, produktivitas dan daya saing pada anak, salah satu penyebabnya adalah gizi yang tidak seimbang,” jelasnya.

Dijelaskan, terdapat 3 kegiatan yang dirancang dalam program DASHAT, yakni pemberdayaan masyarakat untuk penyedia makanan padat gizi dengan bahan lokal berupa pembagian makanan untuk kelompok sasaran ibu hamil, menyusui, anak balita dan calon pengantin.

Kemudian, penguatan KIE serta pendampingan tentang makanan sehat yang mengandung gizi seimbang.

Yenni berharap, masyarakat dapat menerapkan program tersebut dengan baik, terutama bagi ibu hamil dan yang baru melahirkan, sehingga peran ibu dalam mewujudkan DASHAT dalam mengatasi stunting untuk mewujudkan anak-anak yang hebat, cerdas menuju Indonesia Emas 2045. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait