Konsumen Terus Percaya, Penggunaan QRIS di Sumbar Meningkat Hingga 2,5 Kali Lipat

Kepala BI Sumbar Endang Kurnia Saputra. (Foto: HALWA NADIYAH ROSADI)

PADANG (SumbarFokus)

Pada 2023, penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mengalami peningkatan hingga dua kali lipat lebih, yaitu dengan volume transaksi 8.299.587 (154,38 persen). Sedangkan untuk pengguna baru, meningkat hingga jumlah 308.185 (100,04 persen).

Bacaan Lainnya

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Endang Kurnia Saputra, Kamis (22/2/2024), di Padang.

Dijelaskan Endang, peningkatan tersebut tidak lepas dari kolaborasi dan upaya keras yang dilakukan oleh 26 lembaga perbankan dan 2 lembaga non-perbankan.

“Dan itu merupakan hasil kerja keras bank-bank umum dan penyelenggara jasa sistem non bank. Dua puluh enam bank umum dan 2 non-bank mencapai volume transaksi QRIS. Terima kasih kepada 26 bank umum dan 2 non-bank yang mendukung program ini,” tuturnya.

Dikatakan, pihaknya menetapkan target peningkatan penggunaan QRIS di wilayah Sumbar pada tahun 2024, dengan bertambahnya 147.045 pengguna baru dan mencapai volume transaksi sebanyak 12.322.920.

Selain itu, diungkapkan, mayoritas pengguna QRIS berasal dari penduduk Kota Padang dan Bukittinggi. Jika kedua kota ini digabungkan, jumlah pengguna QRIS dapat mencapai lebih dari 7 juta.

“Kalau di luar kota itu masih relatif sedikit. Jadi kota-kota maju di Sumbar banyak yang menggunakan QRIS. Sekitar 50 persen dipergunakan oleh penduduk asli Padang dan Bukittinggi, sisanya oleh para pendatang dan wisatawan,” ucapnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait