Lestarikan Jenis Itik Lokal, Distan Agam Bakal Ajukan Proposal ke Kementan RI

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus memperjuangkan keberlanjutan peternakan lokal, dengan melestarikan warisan genetik unggul. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus memperjuangkan keberlanjutan peternakan lokal, dengan melestarikan warisan genetik unggul.

Bacaan Lainnya

Dalam memperjuangkan itu, Dinas Pertanian (Distan) Agam bakal mengajukan proposal penetapan rumpun atau Galur Murni itik Kamang ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Ini sebuah langkah strategis yang ditempuh Distan Agam, untuk melestarikan jenis itik lokal yang memiliki nilai ekonomi sangat menjanjikan bagi peternak.

“Galur Murni itik Kamang ini merupakan keputusan sangat tepat dalam menjaga keanekaragaman hayati, serta memperkuat sektor peternakan di Kabupaten Agam,” ujar Kepala Distan Agam Arief Restu, Rabu (21/2/2024).

Untuk itu, pihaknya berharap proposal yang akan diajukan menjadi langkah awal, dalam mendukung peternak lokal dan membangkitkan potensi ekonomi daerah ke depan.

Apalagi katanya, itik Kamang menjadi ciri khas Kabupaten Agam yang memiliki adaptasi kuat terhadap lingkungan setempat, serta kualitas produk unggul seperti daging dan telurnya.

Bupati Agam Andri Warman sangat mendukung upaya-upaya yang bertujuan untuk pelestarian jenis unggul seperti itik Kamang ini.

Karena menurutnya ini langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan peternak lokal dan mendukung keberlanjutan sektor peternakan di Indonesia.

“Maka kita berharap dukungan penuh dari pemerintah pusat, bagaimana dapat menjadikan itik Kamang sebagai Galur Murni dalam meningkatkan kesejahteraan peternak itik di Kabupaten Agam,” pungkasnya. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait