Lima Cara Menyimpan Gula Pasir agar Tidak Basah dan Menggumpal

Cara Menyimpan Gula Pasir
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Gula pasir adalah bumbu paling penting di dapur. Stoknya harus dipastikan aman biar makanan maupun minuman menjadi lebih lezat. Namun, kadang ada saja masalah yang menghampiri sehingga membuat gula pasir gampang menggumpal dan basah.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut umum terjadi, tetapi sebaiknya segera dihindari supaya kualitas gula pasir tetap terjaga sampai habis. Lima cara menyimpan gula pasir agar tidak rusak itu dapat Anda temukan berdasarkan informasi berikut ini.

  1. Perhatikan kualitas gula saat membeli

Lihat gula pasir yang baru saja Anda beli dan hendak disimpan. Jangan sampai ada gumpalan basah di dalamnya. Jika Anda simpan bagian tersebut, khawatir bagian lain juga akan turut basah. Selain itu, pastikan gula pasir tampak bagus dan berkualitas untuk disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Pastikan wadah dalam kondisi kering

Pastikan wadah untuk menyimpan gula dalam kondisi kering. Bila hendak memindahkan gula pasir dari kemasan ke dalam wadah atau stoples, lap dulu wadah tersebut memakai kain atau tisu. Jika sudah yakin kering, maka gula bisa segera dipindahkan supaya lebih awet dan tidak mudah basah.

  1. Wadah harus rapat dan kedap udara

Selain memastikan wadah dalam kondisi kering, penting sekali menyiapkan wadah yang rapat dan kedap udara. Fungsinya untuk mencegah benda asing masuk ke dalam gula pasir, sehingga warna mapun penampilannya tidak berubah. Hindari stoples yang bocor atau longgar, karena bisa menurunkan kualitas gula.

  1. Hindari tempat-tempat lembap dekat air

Jangan menyimpan stoples berisi gula pasir di dekat air. Beberapa lokasi tidak ideal, seperti dekat wastafel atau tempat yang berdekatan dengan sumber uap air, rentan menimbulkan kelembapan. Ini bisa membuat gula jadi gampang menggumpal dan basah karena umumnya suhu tempat tersebut juga dingin.

  1. Pastikan suhu ruangan selalu stabil

Suhu ruangan sangat berpengaruh menyimpan gula pasir. Pastikan Anda meletakkan gula pasir di tempat yang sejuk dan kering. Stabilitas suhu akan membuat gula pasir lebih awet, sementara perubahan suhu yang ekstrem rentan membuat gula pasir menjadi basah.

Gula pasir basah terkadang memang tidak terlalu berpengaruh dalam rasa masakan. Namun, gula pasir yang basah juga rentan menurunkan kualitas dan penampilan perasa tersebut sehingga untuk menghindarinya, Anda bisa menerapkan lima cara di atas.

Itulah penjelasan mengenai cara menyimpan gula pasir agar tidak basah dan menggumpal. Semoga bermafaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait