Lima Rutinitas Pagi yang Bikin Cepat Kurus

Lima Rutinitas Pagi
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya bagus untuk penampilan tapi juga sangat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Karena itu, dokter sering menyarankan penderita penyakit tertentu untuk menurunkan berat badan.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Sayangnya, banyak orang yang kesulitan menurunkan berat badan. Salah satu penyebab utamanya adalah gagal konsisten membangun kebiasaan makan yang lebih sehat.

Kalau Anda termasuk golongan orang yang sulit menurunkan berat badan, tak ada salahnya Anda mencoba lima rutinitas pagi berikut yang bisa membantu Anda lebih cepat mencapai target berat badan ideal:

  1. Minum air putih 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, orang yang minum sekitar dua gelas air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam mengalami penurunan berat badan dan mengalami penurunan skor indeks massa tubuh (BMI).

Ahli gizi Lisa Young, sekaligus penulis buku Finall Full, Finally Slim, mengatakan bahwa meminum segelas air  di pagi hari adalah langkah yang cerdas.

“Ketika bangun di pagi hari, Anda mungkin mengalami dehidrasi, jadi menghidrasi dengan segelas air adalah kebiasaan yang bagus. Anda juga mungkin merasa lapar, tetapi sebenarnya Anda hanya haus,” jelasnya, dikutip dari Eat This, Not That. 

  1. Sarapan protein

Memulai sarapan dengan makanan kaya protein seperti telur, yogurt, atau selai kacang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Plus, protein juga akan membantu menstabilkan gula darah. Young mengatakan ini adalah resep utama untuk menurunkan berat badan!

Banyak uji klinis mengungkapkan bahwa meningkatkan asupan protein dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan dengan menurunkan massa lemak dan membantu mempertahankan massa bebas lemak.

  1. Jangan lupa makan buah

Buah adalah makanan terbaik untuk dikonsumsi pada pagi hari, mengingat kandungan antioksidan dan seratnya. Dengan mengonsumsi buah, Anda akan menambahkan volume ke makanan tanpa kalori yang tidak perlu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa menambah jumlah serat yang Anda konsumsi setiap hari hingga 30 gram dapat menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi lebih banyak serat di awal hari Anda adalah cara sederhana untuk mendukung diet Anda.

  1. Biji-bijian utuh

Mengonsumsi biji-bijian untuk sarapan juga bisa menjadi rutinitas pagi yang baik untuk tubuh.

“Biji-bijian utuh seperti oatmeal atau roti gandum mengandung serat dan nutrisi serta membantu Anda tetap kenyang. Tak perlu takut karbohidrat,” Young menekankan.

  1. Jalan pagi

Aktifitas fisik juga penting jika Anda punya target menurunkan berat badan. Jadikanlah jalan kaki sebagai rutinitas pagi Anda sebelum memulai aktivitas lain.

“Berjalan membakar kalori, membantu menjaga tulang Anda tetap kuat, dan bagus untuk suasana hati Anda.”

Itulah penjelasan mengenai lima rutinitas pagi yang bisa membantu Anda cepat kurus. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait