Lima Tips Lancar Hadapi Tes Psikotes

Tips menghadapi tes psikotes
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Psikotes adalah serangkaian tes psikologi yang bertujuan untuk mengetahui karakter kepribadian seseorang. Misalnya dalam dunia kerja psikotes bermanfaat sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk kerja, penempatan kerja hingga promosi jabatan. Bagi beberapa orang psikotes adalah proses yang menegangkan sehingga banyak yang merasa cemas saat menghadapi psikotes.

Bacaan Lainnya

Agar tidak cemas saat menghadapi psikotes, cobalah membaca artikel berikut ini terlebih dahulu. Artikel tentang tips menghadapi tes psikotes ini diharapkan bisa membantumu. Mari dibaca dulu!

  1. Siapkan stamina yang baik

Perlu diketahui bahwa untuk menjalani psikotes butuh tenaga untuk berpikir. Anda harus menjaga tubuh dalam kondisi yang prima agar psikotes berjalan dengan lancar. Ketika menjalani psikotes dalam kondisi kurang fit, dikhawatirkan dapat mempengaruhi hasil psikotes.

Jagalah kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi sehat dan prima sehingga siap untuk mengerjakan soal psikotes. Istirahat yang cukup dan hindari tidur terlalu larut di malam hari. Jangan lupa untuk sarapan agar energimu terisi sehingga bisa berkonsentrasi dengan maksimal saat menjalani psikotes.

  1. Kelola stress

Psikotes harus dijalani dalam kondisi yang tenang dan bebas dari rasa cemas maupun stres. Menjalani psikotes dalam kondisi stres atau cemas bisa mempengaruhi hasil psikotes. Tinggalkan dulu pikiran-pikiran negatif yang membuatmu semakin stres, misalnya memikirkan tentang hasil psikotes.

Usahakan untuk datang lebih awal agar Anda mempunyai waktu untuk menenangkan diri sebelum memulai psikotes. Ketika merasa gugup atasi dengan cara tarik nafas dalam lalu hembuskan perlahan, ulangi hingga Anda merasa tenang. Jangan lupa berdoa agar diberikan kelancaran dan ketenangan.

  1. Baca dan pahami instruksi psikotes dengan baik

Setiap jenis soal pada psikotes mempunyai cara mengerjakannya masing-masing. Baca dan pahami dengan baik instruksi sebelum mengerjakan psikotes. Jika kurang paham dengan instruksi yang telah Anda baca, Anda boleh bertanya pada petugas yang mengawasi jalanya psikotes.

Hasilnya akan menjadi fatal ketika Anda salah memahami instruksi karena membuatmu salah cara mengerjakan. Kesalahan tentang cara mengerjakan bisa membuat jawabanmu tidak bisa di-scoring sehingga dipastikan psikotesmu gagal. Pastikan Anda mengerjakan psikotes sesuai dengan instruksi, ya!

  1. Jawab semua soal psikotes dengan jujur

Tujuan dari psikotes adalah untuk mengetahui karakter kepribadian seseorang. Tidak ada jawaban benar dan salah pada soal psikotes yang mengukur kepribadian seseorang. Oleh karena itu Anda tidak perlu memanipulasi jawabanmu.

Jawablah dengan jujur ketika menjalani psikotes. Semakin Anda jujur dalam psikotes, maka karakter kepribadian asli akan terbaca sehingga mengurangi kesalahan dalam mengambil keputusan ke depanya.

  1. Kerjakan dengan percaya diri

Kerjakan psikotes dengan percaya diri. Tak perlu memikirkan tentang kelemahan diri yang bisa menghambat konsentrasi saat menjalani psikotes. Percayalah dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.

Kepercayaan diri yang baik dapat membuat Anda lebih tenang menjalani psikotes. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, lakukan persiapan yang diperlukan sebelum menjalani psikotes. Misalnya membawa kelengkapan alat tulis sesuai kebutuhan, membawa di card dan perlengkapan lain yang diprasyaratkan.

Walau terkadang terasa menegangkan, tetapi psikotes bukanlah hal yang buruk sehingga perlu ditakuti. Apabila lima tips menghadapi tes psikotes di atas diterapkan, akan membuat Anda lebih siap menghadapi psikotes. Semoga psikotesmu berjalan lancar, ya! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait