Urutan Takson Tumbuhan dari Kelompok Terbesar ke Terkecil

Urutan Takson Tumbuhan Terbesar
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Takson adalah tiap unit dari taksonomi, sebuah ilmu dari biologi yang mempelajari penamaan dalam makhluk hidup. Penamaan dilakukan berdasarkan pengelompokan sesuai persamaan pada hewan dan tumbuhan.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari situs Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi (BAKAI) Universitas Medan Area (UMA), pengelompokan takson dilakukan berurutan. Takson dimulai dari kelompok umum dengan banyak anggota hingga khusus untuk yang lebih spesifik.

Dalam tulisan ini, akan dijelaskan secara rinci tentang urutan takson tumbuhan. Simak penjelasannya sampai selesai!

Urutan Takson Tumbuhan Terbesar ke Kelompok Terkecil

Dikutip dari situs Kemdikbud RI, urutan takson tumbuhan terbesar ke kelompok terkecil yaitu:

Kingdom > Divisi > Kelas > Ordo > Family (Familia) > Genus > Species.

  1. Kingdom (Kerajaan)

Kingdom atau kerajaan merupakan takson terbesar/ tertinggi pada tumbuhan. Urutan takson pertama ini bersifat paling umum, artinya persamaan di antara anggotanya tidak banyak.

Anggota kingdom paling banyak di antara urutan takson lain yang makin spesifik. Semakin spesifik maka persamaan di antara anggota makin banyak. Artinya takson tersebut hanya dihuni kelompok tertentu.

  1. Divisio atau Divisi

Kelompok kedua adalah divisio atau divisi. Kelompok kedua terbesar setelah kingdom ini memiliki tiga kelas, yaitu pteridophyta (tumbuhan paku), spermatophyta (tumbuhan berbiji), dan bryophyta (tumbuhan lumut).

  1. Kelas atau Classis

Urutan takson tumbuhan ketiga adalah kelas atau classis. Tumbuhan memiliki akhiran nama yang berbeda-beda, dimana kemudian hal itu menjadi klasifikasi tumbuhan berdasarkan kelasnya.

Contoh kelas tumbuhan berdasarkan akhiran namanya, seperti phyceae (tumbuhan alga), edoneae (tumbuhan biji tertutup), opsida (tumbuhan lumut), dan sebagainya.

  1. Ordo atau Bangsa

Setelah dikelompokkan dalam kelas berdasarkan akhiran nama, tumbuhan kemudian juga dikelompokkan berdasarkan bangsa yang berdasarkan ciri-ciri tumbuhan tersebut. Contohnya pada tumbuhan kelas dicotyledoneae terbagi ke dalam beberapa ordo, yaitu cucurbitales, solanales, asterales, rosales, malvales, dan poales.

  1. Familia

Kelompok famili dalam takson tumbuhan merupakan bagian dari pengelompokan setelah kelompok ordo atau bangsa. Biasanya, tumbuhan dengan akhiran nama aceae dimasukkan ke dalam kelompok familia. Contohnya cucurbitaceae, asteraceae, malvaceae, solanaceae dan poaceae.

  1. Genus atau Marga

Di bawah pengelompokan berdasarkan famili, tumbuhan juga akan mengalami klasifikasi kembali yang digolongkan dalam beberapa genus atau marga. Takson genus sendiri merupakan pengelompokan tumbuhan yang memiliki kaidah khusus dalam penulisannya, seperti huruf kapital pada kata pertama dan dicetak miring atau digarisbawahi.

  1. Spesies

Urutan kelompok terkecil dalam takson tumbuhan adalah spesies. Di mana pada kelompok spesies anggota tumbuhannya memiliki persamaan ciri-ciri yang paling banyak dibandingkan dengan takson tumbuhan lainnya. Takson spesies biasanya memiliki sebuah organisme yang apabila melakukan perkawinan secara alamiah akan melahirkan keturunan yang subur pada tumbuhan.

Itu dia urutan takson tumbuhan terbesar ke kelompok terkecil yang bisa Anda pahami. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait