Lima Tips Memilih Ikan Tuna, Lebih Segar dan Berkualitas!

Tips Memilih Ikan Tuna
Secara umum ikan tuna yang kondisinya masih segar memiliki permukaan yang terasa lembap, yaitu tidak terlalu basah atau pun terlalu kering. (Foto/Canva: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Anda pasti sudah sangat familier dengan ikan tuna, bukan? Tak dapat dimungkiri bahwa ikan tuna menjadi salah satu jenis ikan favorit banyak orang, karena cita rasanya yang lezat apabila dikonsumsi dalam kondisi masih segar. Namun, tentu saja dalam proses pemiluhan ikan tuna ini ternyata tidaklah semudah seperti yang dibayangkan.

Bacaan Lainnya

Ikan tuna yang sering Anda temukan biasanya sudah dalam kondisi yang beku, sehingga kesegarannya mungkin masih perlu dipertanyakan. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara mengenali ikan tuna dalam kondisi baik atau yang sudah kurang bagus.

Sebaiknya perhatikan beberapa tips memilih ikan tuna berikut ini untuk memastikan bahwa ikan tuna pilihanmu memang kondisinya masih segar.

  1. Usahakan untuk membeli ikan yang masih hidup

Pada saat memilih ikan jenis apa pun itu, sebetulnya sangat penting untuk memprioritaskan ikan yang masih hidup. Anda bisa memperoleh ikan tuna yang masih hidup jika membelinya langsung di pasar tradisional atau di pusat penjual hasil penangkapan dari para nelayan-nelayan.

Jika memilih ikan tuna yang masih hidup, maka Anda bisa dengan mudah melihat kondisinya secara lebih jelas, mulai dari kesegaran matanya hingga ke bagian lain secara menyeluruh. Cara tersebut setidaknya akan membantumu untuk memperoleh ikan tuna dengan kualitas yang sangat baik, sehingga tak sampai salah pilih lagi ke depannya.

  1. Daging ikan berwarna merah segar

Kesegaran ikan bisa pula dilihat dari warna ]pada dagingnya, sehingga Anda bisa mengeceknya secara langsung. Biasanya memang ikan tuna yang kondisinya segar dan sehat memiliki warna yang cenderung lebih merah cerah, namun tak sampai terlalu cerah atau pun kusam.

Biasanya warna-warna merah cerah inilah yang menandakan bahwa kondisi ikan memang masih sangat baik, sehingga layak untuk dikonsumsi karena masih segar. Itulah mengapa Anda bisa secara mudah memilih ikan dengan tanda yang seperti ini, sehingga dapat memperoleh cita rasa yang jauh lebih maksimal.

  1. Tekstur ikan tuna lembap dan kenyal

Jika membeli ikan tuna di pasar tradisional, mungkin saja Anda bisa mengecek tekstur permukaannya terlebih dahulu. Itulah cara untuk mengecek kualitasnya. Secara umum ikan tuna yang kondisinya masih segar memiliki permukaan yang terasa lembap, yaitu tidak terlalu basah atau pun terlalu kering.

Tekstur ikan tuna segar biasanya akan cenderung kenyal dan lembut, yaitu akan timbul kembali setelah Anda menekannya dengan menggunakan jari. Jika Anda menemukan ikan tuna dengan ciri-ciri seperti ini, maka tandanya kualitas dari ikan tuna memang masih segar dan layak untuk dikonsumsi.

  1. Aroma ikan tuna khas seperti laut segar

Setiap jenis seafood biasanya memiliki aroma amis yang cukup khas, sehingga bisa menandakan kualitas yang dimilikinya. Aroma inilah yang bisa Anda coba pastikan pada saat membeli ikan tuna, sehingga nantinya tak sampai keliru dalam memiliki ikan tuna dengan kualitas yang baik.

Idealnya ikan tuna yang berada dalam kualitas segar akan memiliki aroma yang juga segar khas seperti laut, yaitu tidak sampai terlalu amis. Justru waspadailah ikan tuna yang memiliki aroma amis berlebihan hingga berbau busuk, sebab bisa saja sudah disimpan terlalu lama dan membuat kualitasnya jadi menurun.

  1. Hindari membeli ikan tuna yang sudah berbentuk potongan

Sebetulnya pada saat membeli ikan tuna jauh lebih disarankan untuk memilih yang bentuknya masih utuh, sebab hal tersebut menandakan bahwa kualitasnya masih baik. Sebaiknya hindari ikan tuna yang dijual secara potongan karena Anda sendiri belum tahu apakah memang kualitasnya baik atau pun tidak.

Justru dikhawatirkan banyak penjual nakal yang biasanya menambahkan zat tertentu untuk membuat penampilan ikan tuna menjadi segar, sehingga jangan sampai terkecoh dengan hal ini. Bagaimana pun juga tetap pilihlah ikan tuna yang tepat dan ceklah seluruh bagiannya agar tak sampai salah dalam memilih.

Itulah penjelasan mengenai tips memilih ikan tuna. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait