Macam-Macam Alat Transportasi Darat

Macam-Macam Alat Transportasi Darat
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Transportasi merupakan sebuah sarana yang diciptakan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitas, baik itu di darat, laut, dan juga udara. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini sudah ada macam-macam alat transportasi darat yang dapat memudahkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Bacaan Lainnya

Alat transportasi di dunia ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing dan semuanya menghubungkan satu sama lain. Namun, semua transportasi berguna untuk meringankan beban manusia dalam melakukan kegiatannya.

Namun, apakah Anda mengetahui pengertian alat transportasi? Jadi, alat transportasi adalah suatu benda yang dapat bergerak dan mampu mengangkut benda dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Terdapat banyak sekali alat transportasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari transportasi darat, laut, dan juga udara.

Agar kita mengenal macam-macam alat transportasi darat secara lebih detail. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-macam Alat Transportasi Darat

Transportasi darat merupakan semua bentuk transportasi atau kendaraan yang digunakan di jalan untuk mengangkut barang dan juga penumpang. Jenis transportasi yang satu ini tergolong yang paling dominan dibandingkan dengan transportasi laut serta udara, khususnya di Indonesia.

Jika menelusuri sejarah singkat tentang transportasi darat di Indonesia, kita akan menemukan bahwa transportasi kita banyak dipengaruhi oleh Belanda ketika menjajah Indonesia. Dahulu, masyarakat Indonesia hanya mengandalkan kuda, pedati, gerobak, serta becak sebagai angkutan barang hingga pribadi.

Perkembangan transportasi darat yang dapat kita rasakan hingga saat ini adalah adanya kereta api serta infrastruktur jalan yang ada di sepanjang Pulau Jawa. Seiring berkembangnya zaman, semua moda transportasi jadul telah tergantikan dengan transportasi modern. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan zaman, kebijakan politik dan juga kemajuan teknologi.

Selain itu, penemuan roda juga menjadi cikal bakal perkembangan transportasi darat dan memberikan pengaruh cukup besar pada semua moda transportasi, baik itu darat maupun udara. Bahkan sampai saat ini, beberapa transportasi darat dibedakan bergantung dengan jumlah roda dan jenis roda yang digunakan.

Terdapat beberapa jenis transportasi darat yang dapat Anda temui di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis transportasi darat yang ada di Indonesia. Simak informasinya di bawah ini:

  1. Sepeda

Siapa si yang tidak tahu sepeda? Moda trasnportasi ini merupakan alat transportasi yang paling sederhana tanpa menggunakan mesin. Hadirnya sepeda telah dikenal sejak zaman dulu kala sampai sekarang.

Fungsi sepeda tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi pribadi dan pengangkut barang yang berskala ringan. Namun, sekarang ini sepeda sudah menjadi salah satu gaya hidup yang bisa menentukan strata sosial seseorang.

Dengan banyakya orang yang mengunakan sepeda, sedringkali berbagai kejadian seperti ban bocor tidak dapat dihindari. Nah, untuk dapat memperbaiki sepeda dalam keadaan darurat, Anda harus memiliki keahlian tersebut.

  1. Delman

Transportasi yang satu ini merupakan salah satu transportasi tradisional yang sudah ada sejak dulu. Biasanya, delman digunakan untuk mengangkut penumpang. Namun sekarang ini, delman hanya ada di beberaa daerah tertentu saja, misalnya Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan lainnya. Sedangkan di kota lainnya, delman hanya digunakan untuk trasnportasi hanya dijadikan kendaraan wisata.

Transportasi ini tergolong ke dalam trasnportasi darat yang menggunakan tenaga kuda untuk menarik kereta. Kapasitas penumpang delman maksimal hanya sampai 4 -6 orang saja.

  1. Sepeda Motor

Sekarang ini, sepeda motor telah menjadi moda alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Jika Anda perhatikan, hampir semua orang kini memiliki sepeda motor untuk membantu semua kegiatan mereka. Mayoritas orang kini memanfaatkan sepeda motor untuk mengakomodir mobilitas mereka. Sebab ukuran trasnportasi ini tergolong sederhana, harganya terjangkau, dan perawatannya mudah.

Sepeda motor menggunakan bahan bakar BBM sebagai penggerak mesin. Namun perlu Anda pahami, bahwa dalam menggunakan transportasi ini ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi, yaitu mempunyai SIM C, dokumen yang lengkap, dan juga keahlian berkendara guna mencegah kecelakaan.

  1. Becak

Alat transportasi yang satu ini masih eksis hingga sekarang di beberapa daerah di Indonesia. Becak merupakan transportasi tradisional roda tiga. Cara kerja trasnportasi ini adalah dengan menggunakan tenaga manusia, yaitu dikayuh oleh supirnya, kemudian penumpang berada di bagian depan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, becak juga semakin inovatif. Dimana sekarang ini, becak sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Melainkan digerakkan menggunakan sepeda motor. Tak hanya di Indonesia, becak juga mudah ditemui di negara lain seperti India, Vietnam, dan juga Malaysia.

  1. Bajaj

Bajaj adalah transportasi umum yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya. Moda trasnportasi ini memiliki ciri khas yaitu beroda tiga dan memiliki bunyi yang cukup berisik. Di Kota Jakarta, bajaj masih diizinkan beroprasi, namun hanya di beberapa daerah saja.

  1. Mobil

Mobil adalah transportasi roda 4 yang mengandalkan mesin sebagai penggeraknya. Kapasitas penumpang di dalam mobil mencapai 4-8 orang, bergantung dengan jenis serta mereknya. Selain dijadikan sebagai moda transportasi pribadi, mobil juga banyak digunakan sebagai angkutan umum. Syarat untuk mengemudi mobil adalah memiliki SIM A.

Di dalam mobil sendiri terdapat berbagai jenis mesin yang terhubung antara satu sama lain yang dapat Anda pelajari melalui ilustrasi yang menarik dan jelas pada buku Mengenal Bagian Mesin : Mobil dibawah ini.

  1. Bus

Bus merupakan salah satu dalam macam-macam alat transportasi darat massa yang memiliki roda berjumlah 8. Transportasi ini bergerak dengan mengandalkan mesin dan berukuran cukup besar. Kapasitas maksimal dalam bus bisa mencapai lebih dari 60 orang, bergantung jenis dan tipe busnya.

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis bus yang bisa Anda temukan. Mulai dari bus pariwisata yang mengangkut wisatawan, bus antar kota, bus trans, dan lainnya. Kalau Anda, sudah pernah naik jenis bus yang mana?

  1. Truk

Sama seperti bus, truk juga dilengkapi dengan roda yang berjumlah delapan. Hanya saja, transportasi ini digunakan untuk mengangkut barang berat, seperti bahan bangunan, kayu, dan barang berat lain. Untuk dapat mengendarainya, Anda perlu memiliki beberapa syarat seperti SIM B, kartu KIR, hingga izin operasi.

  1. Kereta Api

Berbeda dengan macam-macam alat transportasi darat lainnya, kereta api adalah alat transportasi massa yang menggunakan mesin diesel untuk penggeraknya. Roda kereta api terbuat dari besi baja dan menempel di rel.

Untuk kapasitasnya sendiri, kereta api merupakan moda trasnportasi darat yang mampu menampung ratusan penumpang dalam sekali jalan. Jenis kereta api dibagi menjadi dua yaitu kereta api untuk mengangkut penumpang dan kereta api untuk mengangkut barang.

(006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait