Macam-Macam Alat Transportasi Udara

Macam-Macam Alat Transportasi Udara
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang beroperasi di udara. Sama halnya seperti transportasi darat dan laut, macam-macam alat transportasi udara juga memiliki berbagai fungsi, bergantung dengan jenis transportasi itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Transportasi udara dibagi menjadi beberapa jenis bergantung dengan fungsinya masing-masing. Di pembahasan kali ini, penulis akan membagikan informasi mengenai macam-macam alat transportasi udara yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Pesawat Penumpang Sipil

Alat transportasi udara pertama yang akan kita bahas adalah pesawat penumpang sipil. Sesuai dengan namanya, pesawat tersebut berguna untuk mengangkut penumpang dari golongan sipil atau non militer. Kapasitas penumpang di pesawat ini mencapai 500 orang.

  1. Pesawat Eksperimental

Seperti namanya, pesawat yang satu ini merupakan pesawat yang sedang melakukan uji coba penerbangan. Jenis alat transportasi udara tersebut memiliki bentuk serta mesin yang berbeda dengan pesawat biasanya. Sebab, pesawat ini hanya digunakan untuk uji coba saja.

  1. Pesawat Militer

Sesuai dengan namanya, pesawat militer umumnya digunakan untuk kepentingan dan kebutuhan militer. Alat transportasi udara yang satu ini dibagi menjadi tiga jenis. Mulai dari pesawat tempur, pesawat tempur latih, dan juga pesawat intai. Ketiga pesawat tersebut hanya digunakan saat dibutuhkan disituasi genting, yaitu saat perang atau bertempur.

  1. Pesawat Angkut

Fungsi dari pesawat jenis ini adalah untuk mengangkut barang melalui udara. Alat tranporasi udara yang ini biasanya disebut juga sebagai pesawat kargo, dimana dapat digunakan oleh golongan militer ataupun warga sipil. Khusus untuk golongan militer, pesawat ini umumnya akan digunakan untuk mengangkut kendaraan, senjata, dan juga tentara.

  1. Pesawat Piston

Alat transportasi udara yang satu ini mempunyai kapasitas penumpang hanya 3 sampai 8 orang saja. Sebab, pesawat ini umumnya hanya digunakan untuk penerbangan jarak dekat. Selain itu, pesawat ini juga digunakan untuk kepentingan khusus saja. Misalnya untuk foto udara, latihan penerbangan, atau penyemprotan udara.

  1. Pesawat Turbofan

Alat transportasi ini merupakan pasawat jet yang menggunakan turbofan sebagai mesin penggeraknya. Pesawat turbofan bekerja dengan cara menghirup udara. Kemudian udara yang sudah dihirup dipadatkan oleh kompresor dan kemudian dibakar.

Dari hasil pembakaran tersebut nantinya akan digunakan untuk memutar turbin bertekanan tinggi. Setelah itu dikembangkan lagi dengan turbin yang memiliki tekanan rendah. Kemudian dari situ akan terbentuk gas pembakaran yang keluar melalui noise.

Terdapat dua bentuk pesawat yang menggunakan mesin turbofan, antara lain:

  • Airline

Ini merupakan pesawat jet yang menggunakan mesin turbofan dan digunakan untuk kepentingan komersial. Pesawat ini mempunyai kapasitas 50 hingga 500 penumpang. Selain itu, pesawat ini juga dapat membawa penumpang untuk melakukan perbangan jarak jauh.

  • Jet Exclusive

Jet ini merupakan pesawat yang menggunakan mesin turbofan dan dipakai untuk golongan tertentu. Misalnya para pelaku bisnis kelas atas. Umumnya mereka akan menggunakan pesawat ini untuk kebutuhan bisnis. Jet ini dapat terbang dalam jarak mengenah hingga jauh. Kemudian, pesawat tersebut juga mampu menampung penumpang dengan jumlah 4 hingga 16 orang saja.

  1. Pesawat Turboprop

Jenis alat transportasi udara yang satu ini memiliki kapasitas penumpang yaitu 4 hingga 70 orang. Selain itu, pesawat ini hanya digunakan untuk penerbangan selama 2 hingga 4 jam saja. Pengoperasian pesawat ini hampir mirip dengan pesawat turbofan.

Kemudian, perbedaan antara pesawat turboprop dan pesawat turbfan terletak di bahan bakarnya. Dimana bahan bakar pesawat turboprop adalah alloy nikel. Selain itu, pesawat ini juga bisa menggunakan bahan bakar lain yang bisa tahan terhadap suhu yang tinggi.

  1. Roket

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa roket merupakan pesawat luar angkasa. Alat transportasi  biasanya digunakan untuk perjalanan ke luar angkasa. Untuk bahan bakarnya, roket umumnya menggunakan bahan bakar yang berbentuk padat atau cair. Jika menilik sejarahnya, roket dulu hanya dijadikan sebagai senjata, hingga kemudian berkembang dan bisa digunakan untuk transportasi udara.

(006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait