Macam-Macam Alat Transportasi Laut

Macam-Macam Alat Transportasi Laut
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Alat transportasi laut merupakan segala jenis moda tranportasi yang beroprasi di lautan. Moda transportasi ini dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika menilik transportasi laut di Indonesia, maka Anda akan menemukan beberapa macam-macam alat transportasi laut yang biasanya digunakan untuk kepentingan umum. Namun, ada juga yang digunakan untuk kepentingan khusus saja. Berikut ini adalah macam-macam alat trasnportasi laut yang ada di Indonesia:

Bacaan Lainnya
  1. Kapal Barang

Sesuai dengan namanya, salah satu dalam macam-macam alat transportasi laut ini berfungsi sebagai moda transportasi laut pengangkut barang. Namun, barang-barang idangkut di kapal ini umumnya adalah barang impor atau ekspor. Barang tersebut nantinya akan dibawa dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya di seluruh dunia.

  1. Kapal Penumpang

Berbeda dengan kapal barang, alat transportasi laut yang satu ini merupakan moda transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Jika menilisik sejarah kapal pada zaman dahulu, alat transportasi ini digunakan sebagai pilihan utama bagi mereka yang hendak berangkat haji dan umroh.

Alat transportasi ini masih digunakan hingga sekarang. Biasanya, kapal jenis ini dijadikan sebagai transportasi alternatif mereka yang ingin mudik dan harus menyeberang pulau. Untuk kapasitasnya sendiri, kapa penumpang umumnya bisa menampung hingga ratusan penumpang.

  1. Kapal Feri

Alat transportasi laut yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan kapal penumpang. Namun yang membedakan, kapal feri memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada kapal penumpang. Selain bisa mengangkut penumpang, kapal feri juga bisa digunakan untuk mengangkut alat-alat transportasi darat. Misalanya mobil, truk, motor, dan lainnya.

  1. Kapal Penangkap Ikan

Moda transportasi laut ini umumnya digunakan oleh para nelayan penangkap ikan. Terutama jika para nelayan ingin menangkap ikan dalam jumlah yang besar. Kapal ini dilengkapi dengan bilik khusus yang digunakan untuk menyimpan ikan-ikan hasil tangkapan. Dimana bilik tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan mesin pendingin. Fungsi mesin pendingin itu adalah untuk membuat ikan bisa tetap segar dan fresh hingga kapa sampai di pelabuhan.

  1. Kapal Tunda

Biasanya, jenis kapal ini bisa Anda temukan di pelabuhan yang tergolong sempit. Fungsi dari alat transportasi laut ini adalah untuk menarik kapal besar ketika ingin berlebuh maupun ingin meninggalkan pelabuhan. Meski tergolong kecil, kapal ini justru memiliki kekuatan yang cukup besar. Dimana satu kapal tunda bisa menarik kapal besar.

  1. Kapal Penyelamat

Alat transportasi laut yang satu ini bisanya digunakan untuk membantu orang-orang yang mengalami musibah di tengah lautan. Misalnya kapal yang mengangkut banyak penumpan dan mengalami tenggelam. Kapal yang satu ini selalu siap membantu meski cuaca di laut masih buruk.

  1. Kapal Tanker

Kapal Tanker merupakan alat transportasi laut yang memiliki ukuran yang besar. Fungsi dari kapal ini adalah untuk mengangkut minyak. Dalam proses pengoperasiannya, kapal ini dikendalikan oleh sistem yang berasal dari komputer, serta sistem navigasi yang berbasis satelit.

Kapal yang satu ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran dan kapasitasnya. Terdapat kapal tanker yang berukuran sangat besar dan mampu membawa muatan minyak sebanyak satu juta barel.

  1. Kapal Perang

Kapal perang merupakan salah satu alat transportasi laut yang digunakan untuk kepentingan khusus, yaitu untuk berperang. Terdapat beberapa jenis kapal perang. Salah satunya yaitu kapal induk. Kapal tersebut berguna untuk membawa berbagai alat tempur udara. Kapal induk memerlukan banyak kapal tunda. Khusunya ketika ingin berlabuh dan juga meninggalkan pelabuhan. Hal tersebut tidak terlepas dari ukurannya yang cukup besar dibandingkan kapal pada umumnya.

(006/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait