Mahasiswa UPI YPTK Sosialisasikan Perilaku Prososial di Panti Asuhan

Enam orang mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YPTK melakukan kegiatan sosialisasi terkait pemahaman perilaku prososial, pada remaja di Panti Asuhan Annisa Padang, di Jalan Sawahan Dalam, Padang Timur, Kota Padang, baru baru ini. (Foto: Ist/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Enam orang mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YPTK melakukan kegiatan sosialisasi terkait pemahaman perilaku prososial, pada remaja di Panti Asuhan Annisa Padang, di Jalan Sawahan Dalam, Padang Timur, Kota Padang, baru baru ini.

Bacaan Lainnya

Keenam mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Amelia Putri (Ketua Pelaksana), Agil Vici Wulandari, Aura Safa Raudatul Jannah, Hidayatul Laili, Sri Vidya Lufty, Wetri Gustria Ningsih, serta diikuti oleh 18 orang remaja dari panti asuhan.

“Panti Asuhan Annisa Padang dipilih sebagai tempat kegiatan karena di panti asuhan ini terdapat beberapa remaja, mulai dari MTS sampai SMK,” sebut Amelia.

Ditambahkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk para remaja yang berada di panti bertujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya perilaku prososial dalam menjalankan kehidupan sehari hari.

“Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial, sehingga perilaku prososial adalah tindakan yang dilakukan atau di rencanakan untuk menolong orang lain, tanpa mempedulikan motif untuk menolong tanpa mengharapkan imbalan atas hal yang telah kita lakukan,” urainya.

Disebutkan,
Kegiatan ini nantinya diharapkan menambah pengetahuan tentang pentingnya perilaku prososial, yang perilaku ini dapat mempererat persaudaraan dan menghindari perpecahan serta saling tolong menolong antar sesama tanpa membeda bedakan satu hal apapun.

“Sosialisasi ini juga merupakan tugas Project Based Learning (PBL) yang diberikan oleh salah satu dosen mata kuliah Psikologi Sosial,
yang bertujuan untuk menjalankan tugas yaitu tentang pengabdian masyarakat,” sebut Amelia lagi.

Sementara, Ketua Panti, Desi, mengapresiasi kegiatan ini.

“Kegiatannya bagus, karena dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang perilaku prososial. Anak-anak di sini juga senang karena mendapat kunjungan dari mahasiswa,” ujarnya.

Indah (16), salah seorang peserta, juga mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini.

“Karena kegiatan ini menambah pengetahuan tentang perilaku prososial, sekaligus menambah teman baru dan saling bertukar cerita dengan kakak kakak mahasiswa,” sebutnya Indah. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait