Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Manfaat
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

  1. Mencegah gizi buruk

Salah satu manfaat besar yang bisa didapat ketika makan makanan sehat adalah mencegah gizi buruk terjadi. Kekurangan gizi adalah salah satu masalah kesehatan yang beresiko tinggi. Untuk meminimalisirnya, bisa melalui mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini akan membantu mempertahankan gizi yang ada di tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan gizi.

Bacaan Lainnya
  1. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat dari mengonsumsi makanan sehat adalah meningkatkan sistem imun. Mulai sekarang, perhatikan menu makanan yang akan dikonsumsi. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup untuk tubuh. Sayuran dan buah-buahan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain itu, banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik lain.

Salah satu contoh vitamin yang penting untuk dikonsumsi adalah vitamin C. Banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk, strawberry, mangga dan buah kiwi. Tidak hanya buah-buahan, sayuran juga banyak yang mengandung vitamin C. Mengonsumsi nya secara teratur dipercaya dapat menghindari berbagai penyakit.

  1. Mengontrol berat badan

Salah satu manfaat mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna adalah dapat mengontrol berat badan. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membuat tubuh mempertahankan berat badan yang sehat dan idea. Selain itu, makan makanan sehat juga dapat mengurangi resiko masalah kesehatan yang kronis.

Selain menyehatkan badan, makan makanan sehat juga dapat membantu mengurangi berat badan. Banyak orang yang diet dan memilih makan makanan sehat. Akan tetapi, untuk program diet yang sehat juga harus dibarengi dengan olahraga secara teratur.

  1. Menurunkan kadar gula

Kadar gula di dalam tubuh dapat menurun akibat mengonsumsi makanan sehat. Melalui pola makan yang sehat, penderita diabetes dapat mengelola kadar glukosa yang ada di dalam darahnya. Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk membatasi makanan yang memiliki kadar garam dan gula yang sangat tinggi.

Maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus rendah gula dan garam. Hal itu berguna supaya glukosa yang ada di dalam darah tidak tinggi.

Contoh-contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Seperti kacang almond dan kacang hazelnut. Selain itu, timun dan tomat juga baik untuk dikonsumsi.

 

  1. Menjaga sistem pencernaan

Banyak bakteri yang ada di dalam usus besar. Akan tetapi, bakteri-bakteri tersebut memiliki peran yang penting dalam proses metabolisme dan pencernaan. Melalui makanan sehat yang rendah lemak usus akan menjadi lebih sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga akan membantu. Contoh makanan yang dapat menjaga pencernaan adalah sayuran hijau seperti ubi jalar. Selain itu, yogurt dan putih telur juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan.

  1. Menjaga suasana hati

Tidak hanya sehat secara jasmani, makanan makanan yang bergizi akan membantu menjaga kesehatan rohani. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa makan menu makanan yang sehat akan berpengaruh pada perasaan atau suasana hati. Hal sebaliknya juga akan terjadi, jika pola makan tidak sehat maka akan memicu gejala depresi yang meningkat. Selain itu, tubuh jadi mudah kelelahan.

  1. Membantu pertumbuhan

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat butuh makan makanan yang sehat. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, itu akan sangat membantu. Makanan yang memiliki gizi seimbang akan membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya. Selain itu, nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat dan lemak akan membantu si anak supaya tetap aktif.

  1. Mengurangi resiko penyakit kanker

Manfaat selanjutnya dari makanan sehat adalah mengurangi resiko penyakit kanker. Perkembangan sel kanker akan berkungan melalui makanan-makanan sehat dan bergizi. Untuk menjaga itu, disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung beta-carotene, antioksidan dan vitamin A. kandungan-kandungan tersebut dapat ditemui pada buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Salah satu cara untuk merawat kulit adalah dengan makanan makanan yang bergizi. Tubuh yang mendapatkan nutrisi dengan baik akan berpengaruh pada kulit. Kulit akan lebih sehat dan halus. Selain itu, akan terlihat lebih awet muda. Untuk mendapatkan itu, konsumsilah makanan sehat. Seperti sayuran, buah-buahan dan asam Omega-3 di dalam menu makanan sehari-hari.

  1. Meningkatkan memori otak

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan makan makanan sehat. Selain menjaga kesehatan, makan makanan sehat juga dapat meningkatkan memori otak. Makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin D, E, C dan Omega 3. Selain itu flavonoid dan polifenol akan berguna dalam melindungi penurunan kognitif dan demensia.

Makanan yang bisa dikonsumsi adalah ikan-ikanan. Seperti tuna dan bandeng. Selain itu, ikan salmon juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Tidak hanya itu, ikan patin juga termasuk ikan yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Selain masalah kesehatan tubuh, makan makanan sehat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain makan makanan sehat, ada beberapa hal yang bisa dihindari untuk mendapat kualitas tidur yang baik. Seperti minuman dan makanan yang mengandung kafein atau alkohol.

Itulah beberapa penjelasan dari pengertian serta manfaat makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Meskipun sudah banyak masyarakat yang tau betapa pentingnya makan makanan sehat, tetapi masih ada sebagian yang tidak menghiraukannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk terus mengingatkan untuk makan makanan yang sehat. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait