Mengenal Bipolar Disorder, Penyebab dan Gejala

Mengenal bipolar disorder, penyebab dan gejala. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Bipolar disorder juga dikenal sebagai gangguan bipolar, adalah gangguan suasana hati yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang drastis dan ekstrem, serta perubahan energi dan tingkat aktivitas.

Bacaan Lainnya

Penderita bipolar disorder dapat mengalami episode depresi yang dalam, di mana mereka merasa sedih, kehilangan minat atau kegembiraan pada aktivitas yang biasanya disukai, dan kehilangan energi.

Di sisi lain, mereka juga dapat mengalami episode mania atau hipomania, di mana mereka merasa sangat bergairah, bersemangat, memiliki energi yang berlebihan, dan mengalami peningkatan aktivitas yang tidak wajar.

Penyebab bipolar disorder bisa disebabkan dari faktor-faktor genetik dan lingkungan. Terdapat juga beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami bipolar disorder, termasuk riwayat keluarga dengan gangguan suasana hati, stres atau trauma psikologis, serta penggunaan zat-zat tertentu seperti narkoba atau alkohol.

Gejala bipolar disorder bervariasi antara setiap individu dan dapat berubah seiring waktu. Gejala depresi meliputi perasaan sedih, putus asa, atau kosong, hilangnya minat atau kegembiraan pada aktivitas yang biasanya disukai, perubahan berat badan atau selera makan, gangguan tidur, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan pikiran tentang kematian atau bunuh diri.

Sementara itu, gejala mania atau hipomania meliputi perasaan euforia atau sangat senang, kurang tidur tetapi tetap merasa bertenaga, perilaku impulsif atau tidak bertanggung jawab, bicara dengan cepat dan banyak, serta merasa penting atau memiliki kemampuan yang lebih besar dari yang sebenarnya.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait