Mengenal Kepribadian ISFP, Petualang Berjiwa Seni  

Ilustrasi kepribadian ISFP. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving) merupakan salah satu tipe kepribadian manusia berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang membagi jenis kepribadian ke dalam 16 tipe. Tipe kepribadian ISFP secara umum dikenal sebagai pribadi artistik yang senang berpetualang dan mencintai kedamaian. Selain itu, masih banyak hal unik yang perlu diketahui mengenai tipe kepribadian ini.

Karakter Tipe Kepribadian ISFP

Kepribadian ISFP terdiri atas tipe introverted, sensing, feeling, dan perceiving. Introverted mengindikasikan bahwa orang-orang dengan kepribadian ISFP memusatkan perhatiannya lebih banyak melalui diri sendiri dan lingkungan yang kecil, sehingga cenderung tidak menyukai keramaian. Sensing mengindikasikan cara orang-orang dengan kepribadian ISFP memahami sebuah informasi cenderung melalui penginderaannya. Feeling mengindikasikan bahwa orang-orang dengan kepribadian ISFP menangkap atau menyelesaikan sebuah permasalahan cenderung melalui perasaannya. Terakhir, perceiving mengindikasikan bahwa orang-orang dengan kepribadian ISFP memiliki gaya hidup yang cenderung spontan dengan lonjakan mengejutkan.

Selain itu, orang-orang dengan kepribadian ISFP juga memiliki karakter secara umum yang digambarkan sebagai baik hati, ramah, tenang, tetapi sensitif. Menikmati setiap kejadian. Menjaga jarak dan bekerja sesuai ketentuan waktu mereka. Berkomitmen sesuai prinsip dan mengingat orang yang penting baginya. Tidak suka konflik dan tidak suka memaksakan prinsip.

Kekuatan ISFP

ISFP memiliki daya tarik menawan, sensitivitas tinggi, imajinasi yang membara, dan bakat seni yang kental. Jiwa petualang mereka disenangi banyak orang karena sifat hangatnya. Sebagai individu yang menghindari konflik, ISFP peka terhadap perasaan orang di sekitarnya. Mereka pencinta petualangan yang kreatif dan penuh perhatian, dengan rasa penasaran tinggi yang memacu kreativitas.

Kelemahan ISFP

Kelemahan ISFP melibatkan kemandirian berlebihan, ketidakdapatandiprediksi, mudah stres, dan ambisi tinggi. Petualang yang suka kebebasan tidak menyukai pembatasan seperti mitos atau tradisi yang dianggap tidak masuk akal. Terkadang, individu ISFP rentan merasa rapuh dan sedih jika rencana tidak sesuai, menyebabkan kehilangan semangat dan daya tarik khas.

Itulah tipe kepribadian ISFP yang menarik untuk dibahas. Apakah Anda, atau orang terdekat Anda memiliki tipe kepribadian ISFP? (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait