Cek! Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Foto: Canva/SumbarFokus.com

PADANG (SumbarFokus)

Sebagai orang tua, pastinya Anda menginginkan yang terbaik untuk merawat anak bayi Anda. Diperlukan tekad untuk memberikan perhatian, kasih sayang, dan perawatan optimal guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Terkadang, sebagai orang tua, Anda mungkin merasa kebingungan ketika merawat bayi yang baru lahir. Agar Anda tidak lagi mengalami kebingungan tersebut, berikut adalah ringkasan berbagai tips yang tepat dalam merawat bayi baru lahir.

  1. Merawat dan Menjaga Kebersihan Tali Pusat

Perhatikan dengan baik perawatan tali pusat pada bayi baru lahir agar terhindar dari risiko infeksi. Setelah proses pemotongan oleh tenaga medis saat kelahiran, pastikan ujung tali pusat tetap bersih. Pastikan tali pusat tetap kering dan jaga kebersihannya tanpa menggunakan sabun atau zat cair lainnya. Hindari menutup tali pusat dengan kasa kering, dan pastikan tangan Anda bersih saat menangani atau merawat tali pusat untuk mencegah infeksi.

Saat mengganti popok bayi, pastikan tali pusat tidak tertutup oleh popok untuk mencegah kontaminasi bakteri dari air seni atau tinja yang dapat menyebabkan infeksi pada tali pusat.

  1. Mandikan dengan Gunakan Air Hangat dan Sabun Khusus

Setelah tali pusar terlepas, barulah bayi dapat dimandikan. Mandikan bayi dengan cara ditempatkan di dalam bak mandi khusus untuk bayi. Pastikan kepala bayi tetap di atas air dan berhati-hati agar tidak tenggelam. Gunakan air hangat, serta sabun dan sampo khusus bayi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya yang masih sensitif tanpa menyebabkan iritasi.

  1. Saat Menggendong, Topang Kepala dan Leher Bayi

Yang paling penting saat menggendong bayi adalah keyakinan diri agar si Kecil merasa senang dalam pelukan. Pastikan untuk selalu memberikan dukungan pada kepala, leher, dan pantat bayi. Gunakan satu tangan untuk mendukung kepala, leher, dan tulang punggung, sementara tangan lainnya menopang bagian bawah pantatnya untuk kenyamanan dan keamanan optimal.

  1. Ciptakan Kenyamanan Tidur

Bayi baru lahir umumnya tidur selama 20 jam sehari, dengan rentang waktu antara 20 menit hingga 4 (empat) jam. Penting untuk menciptakan kondisi tidur yang optimal dengan menjaga suhu ruangan dan menyediakan pencahayaan serta ventilasi yang memadai. Posisi tidur terlantang disarankan untuk bayi untuk mengurangi risiko sindrom kematian mendadak bayi. Gunakan tempat tidur bayi dengan alas datar dan hindari meletakkan benda seperti bantal, selimut, dan boneka yang dapat menutupi kepala bayi.

  1. Memahami Isyarat Lapar pada Bayi

Pahami tanda-tanda lapar bayi seperti genggaman tangan, memasukkan tangan ke mulut, atau suara mengecap-ngecap. Respons cepat terhadap kebutuhan bayi sangat penting, memberikan ASI sesuai keinginan bayi dan bukan pada jadwal tertentu. Durasi menyusui umumnya berkisar 5-30 menit, tapi evaluasi diperlukan jika melebihi rentang tersebut. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait