Menkopulhukam Dorong Penetapan Hari Keterbukaan Informasi Jadi Hari Libur Nasional

Prof. Mahfud MD hadir membuka acara sekaligus sebagai Duta Keterbukaan Informasi Nasional, Rabu (17/5/2023). (Foto: Ist.)

PEKANBARU (SumbarFokus)

Dalam memperingati Hari Keterbukaan Infomasi Nasional (HKIN) 2023 yang digelar di Kampar, Provinsi Riau, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Prof. Mahfud MD hadir membuka acara sekaligus sebagai Duta Keterbukaan Informasi Nasional, Rabu (17/5/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Doni Yoesgiantoro berharap HKIN bisa ditetapkan sebagai hari libur nasional dengan keputusan Presiden.

“Pada kesempatan ini, saya berharap Pak Menkopulhukam bisa mewujudkan keinginan kita bersama menetapkan tanggal 30 April sebagai hari libur nasional, Hari Keterbukaan Informasi Nasional dengan keputusan Presiden,” ucap Donny.

Menanggapi hal tersebut, Menkopulhukam mengatakan akan mengajak Kementerian Kominfo, sangat mendukung dan berjanji akan menindaklanjuti usulan tersebut dengan mengajukan prakarsa izin kepada Presiden RI.

“Saya rasa kehadiran saya saat ini merupakan momen yang sangat pas dalam membantu mewujudkan penetapan HKIN tanggal 30 April sebagai hari libur nasional. Melalui kewenangan yang saya miliki, saya akan mencoba mengkoordinasikan dengan Presiden RI” Ucap Prof. Mahfud MD, yang saat itu juga ditetapkan sebagai Duta Keterbukaan Informasi Nasional.

Selain itu, dalam sambutannya, Mahfud juga berharap HKIN sebagai momen menghargai nilai-nilai demokrasi dan transparansi di dalam tata kelola pemerintahan, sekaligus mengingatkan pentingnya akses informasi yang akurat dan mudah diakses publik, karena informasi adalah pondasi demokrasi meyakinkan partisipasi publik yang lebih luas dalam pengambilan keputusan. (000/ki)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait