Momen Silaturahmi, Manajemen Baru Semen Padang Diapresiasi Pimpinan Media di Sumbar

Manajemen PT Semen Padang menggelar silaturahmi dengan sejumlah pimpinan media di Sumatera Barat (Sumbar), di Padang, Rabu (10/1/2024). (Foto: SP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Manajemen PT Semen Padang menggelar silaturahmi dengan sejumlah pimpinan media di Sumatera Barat (Sumbar), di Padang, Rabu (10/1/2024). Kegiatan itu mendapat apresiasi dari para pimpinan media yang hadir.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra, Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar, Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, serta didampingi Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi, juga Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Iskandar Z Lubis, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nurul Anita Rahmawati, dan Kepala Unit CSR Dedi M Sidiq.

Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengawali pertemuan dengan memperkenalkan kepengurusan baru PT Semen Padang hasil keputusan pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), sebagai pengganti dari Rapat Umum Pemegang Saham lainnya yang ditetapkan 2 Januari 2024.

“Kami mohon dukungan dari Bapak/Ibu pimpinan media di Sumbar agar bisa melaksanakan amanah ini dengan baik, dan membawa kemajuan bagi perusahaan, daerah, bangsa dan negara,” katanya.

Pria berkacamata yang akrab disapa Arief itu menambahkan, lebih dari 100 tahun PT Semen Padang ikut andil dalam pembangunan infrastruktur negeri ini. Dalam menjalankan usahanya, dukungan media massa sangatlah vital bagi PT Semen Padang.

“Media massa berperan strategis dalam menyampaikan informasi perusahaan kepada publik. Informasi positif yang disampaikan media tentang Semen Padang tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Arief, media massa juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang perusahaan.

“Melalui media, kami dapat mengedukasi konsumen, kontraktor, serta pelaku industri bangunan mengenai keunggulan produk kami,” ungkapnya.

Tak lupa, media massa juga berperan dalam pembentukan citra positif PT Semen Padang di mata publik. Citra yang positif tentu akan makin memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk dan dukungan publik terhadap PT Semen Padang.

“Itulah beberapa peran vital media massa bagi Semen Padang. Kami berharap kerja sama yang baik dengan berbagai media massa dapat terus terjalin demi kemajuan bangsa ini. Rekan-rekan pimpinan media sekalian, Alhamdulillah kinerja operasional Semen Padang selama tahun 2023 baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Arief juga mengungkapkan capaian-capaian PT Semen Padang selama 2023 di tengah kondisi persaingan semen yang masih sangat ketat. Produksi klinker tercapai 110 persen (year on year/YoY), produksi semen tercapai 95 persen (YoY) dan ekspor klinker tercapai 270 persen (YoY).

Selama tahun 2023, katanya, PT Semen Padang banyak meraih prestasi di berbagai bidang seperti lingkungan, CSR, kesehatan, inovasi, sistem manajemen energi, arsip, tenaga kerja, komunikasi, dan pajak.

Di bidang lingkungan, pada 20 Desember 2023 PT Semen Padang mendapatkan PROPER Emas 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“PROPER Emas itu didapat dengan mengusung Inovasi Sosial Konservasi Ikan Bilih Danau Singkarak yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat atau nelayan Salingka Danau Singkarak,” sebut Arief.

Kemudian pada 29 September 2023 mendapatkan Subroto Award 2023 dari Kementerian ESDM, serta pada 10 Agustus 2023 meraih ENSIA Award 2023 dari PT Sucofindo.

Untuk CSR, pada 13 Maret 2023 meraih Penghargaan BCCOMS 2023 predikat Bronze dari Kementerian BUMN, pada 4 Desember 2023 meraih Anugerah Indonesia CSR Award (ICA) 2023. Kemudian dibidang kesehatan meraih penghargaan berpartisipasi penurunan stunting di Kota Padang dan Solok.

Sementara di Inovasi, satu tim inovasi PT Semen Padang meraih predikat Excellent pada ajang IQPC 2023 di Kuala Lumpur dan dua Predikat Gold pada ICQCC di Beijing, serta tujuh predikat platinum dan satu Gold di ajang TKMPN yang digelar di Yogyakarta.

“Untuk Sistem Manajemen Energi, meraih sertifikat SNI ISO 500001:2018 Sistem Manajemen Energi pada 28 Desember 2023. Di bidang Heritage kita mendapatkan penetapan Pabrik Indarung I sebagai Cagar Budaya Nasional pada 27 Februari 2023,” ujarnya.

Di bidang Arsip, pada 23 Mei 2023 meraih penetapan Arsip Pabrik Indarung I sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Untuk bidang komunikasi, meraih penghargaan perusahaan dan instansi berpengaruh bidang komunikasi dari PR Indonesia.

Arief menyampaikan terimakasih atas dukungan media di Sumbar sehingga PT Semen Padang dapat terus survive dan bersaing di Industri Semen Nasional.

“Semoga kerjasama baik kita selama ini dapat terus berlanjut dan bersinergi untuk memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” katanya.

Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Romi Delfiano mengatakan, pihaknya menyambut baik jajaran direksi PT Semen Padang yang baru ini. Selain itu, Romi juga mengapresiasi langkah pengurus baru yang menggelar silaturahmi dengan pimpinan media di Sumbar.

“Kita berharap pencapaian-pencapaian ke depannya lebih baik dari tahun 2023, selain itu kita berharap kontribusi Semen Padang untuk Sumbar ataupun untuk pengembangan media lokal di Sumbar lebih bagus lagi. Artinya, karena kondisi keuangan dan semacamnya yang ada saat ini tentu dukungan dari Semen Padang pada media lokal sangat diharapkan,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Penanggung Jawab TribunPadang.com, Emil Mahmudsyah. Kata dia, pihaknya mengapresiasi jajaran direksi PT Semen Padang yang baru, karena orang yang duduk di jajaran direksi merupakan orang yang berkompeten di bidangnya.

“Harapannya semoga di tahun 2024 Semen Padang lebih baik kedepannya. Terkait silaturahmi, ini merupakan sudah menjadi tradisi di PT Semen Padang dan tidak sekali ini saja hal yang seperti ini. Kita teman-teman di media saling menjalin kemitraan dengan PT Semen Padang,” katanya.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Haluan Zul Efendi berharap jajaran direksi Semen Padang yang baru meningkatkan kinerja dan juga tetap menebar kepedulian terhadap masyarakat Sumbar termasuk pada insan pers,” ujarnya.

Terkait silaturahmi ini, Zul menambahkan, hal ini merupakan hal yang baik dan terus dilanjutkan dalam membangun komunikasi yang baik dengan media. (000/sp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait