Musrenbang Agam RKPD 2025, Tilatang Kamang Usulkan Berbagai Prioritas Pembangunan

Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang mengusulkan berbagai prioritas pembangunan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 di Kabupaten Agam. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang mengusulkan berbagai prioritas pembangunan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 di Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Pengusulan program prioritas ini disampaikan kepada tim RKPD Agam dalam Musrenbang kecamatan, di Kantor Camat Tilatang Kamang, Senin (5/2/2024).

Camat Tilatang Kamang, Syahrul Hamidi menyebutkan, prioritas pembangunan ini hasil dari Musrenbang tingkat nagari, yang dibawa ke Musrenbang kecamatan.

Dijelaskan, yang menjadi prioritas adalah pengembangan peningkatan SDM melalui pendidikan formal dan non-formal.

“Pengembangan pendidikan ini sangat strategis dalam melahirkan generasi berkualitas dan berdaya saing, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 mendatang,” ujarnya.

Prioritas lainnya seperti sektor pariwisata, yang juga perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita di Tilatang Kamang ada objek wisata Banto Royo, Tirta Sari dan Embung Baburai. Semua tidak kalah menarik dibanding objek wisata daerah lain,” sebut Syahrul Hamidi.

Namun untuk pengembangan wisata ini menurutnya, perlu pembinaan serius dari Pemkab Agam sehingga hasilnya berdampak langsung pada masyarakat.

“Setelah COVID-19 menyerang, 2022 kunjungan wisata di Tilatang Kamang sudah mulai membaik, tapi 2023 menurun. Ini perlu kita sikapi bersama,” terangnya.

Prioritas selanjutnya terkait pertanian, yang menjadi sektor utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di Tilatang Kamang.

Berbagai persoalan kini tengah dihadapi petani diantaranya serangan hama, sehingga produksi pertanian terutama padi menurun tahun ini.

Kemudian sektor UMKM yang kini juga banyak digandrungi masyarakat. Ada sekitar 200 UMKM di Tilatang Kamang.

“Semua sektor ini masih belum optimal, perlu perhatian dan sentuhan stakeholder. Termasuk infrastruktur jalan masih banyak yang rusak,” jelas camat itu.

Diharapkannya prioritas pembangunan di Tilatang Kamang menjadi pertimbangan bagi Pemkab Agam untuk RKPD 2025 mendatang. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait