Negara Termiskin di Eropa, Ada Pecahan Uni Soviet!

Negara Termiskin di Eropa, Ada Pecahan Uni Soviet! (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Eropa adalah benua yang terkenal kaya. Namun, di benua ini tetap terdapat negara termiskin yang berbeda dari lainnya.

Bacaan Lainnya

Hal ini dihitung berdasarkan pendapatan domestiknya (GNI). Berikut adalah daftarnya.

  1. Ukraina

Ukraina, dengan GNI per kapita USD13.360, adalah negara termiskin di Eropa. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Ukraina mengalami kesulitan transisi ke pasar, menyebabkan kemiskinan. Korupsi pemerintah, konflik dengan Rusia, dan infrastruktur lemah terus berkontribusi pada kemiskinan di Ukraina.

  1. Moldova

Moldova, dengan GNI per kapita sebesar USD15.310, adalah negara termiskin di Eropa setelah Ukraina. Sebelumnya, Moldova adalah bagian Uni Soviet dan menghadapi kesulitan politik, ekonomi, dan perdagangan setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991. Faktor-faktor yang berkontribusi pada kemiskinan di Moldova termasuk kurangnya industrialisasi, kerawanan pangan, dan kesalahan kebijakan sosial. Meskipun demikian, Moldova telah membuat kemajuan sejak 2006, dengan proporsi penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional turun dari 30,2 persen menjadi 9,6 persen.

  1. Makedonia Utara

Makedonia Utara adalah negara termiskin ketiga di Eropa dengan GNI per kapita USD19.290. Setelah memperoleh kemerdekaannya pada 1991, Makedonia Utara mengalami perubahan ekonomi yang dramatis dan secara bertahap meningkatkan ekonominya. Perdagangan menyumbang sekitar 90% dari PDB negara ini.
Terlepas dari kebijakan yang berhasil diterapkan oleh pemerintah, Makedonia Utara masih memiliki tingkat pengangguran yang tinggi. Pada titik tertinggi, tingkat pengangguran adalah 38,7 persen. PDB per kapita Makedonia Utara adalah USD5.720 pada tahun 2020.

  1. Albania

Albania memiliki GNI per kapita USD6.770. Setelah bubarnya Uni Soviet pada tahun 1990-an, Albania bergeser dari ekonomi sosialis ke ekonomi pasar kapitalis. Meskipun Albania adalah negara termiskin keempat di Eropa, ekonominya terus membaik. Hal ini sebagian besar berkat sumber daya alam Albania yang kaya, seperti minyak, gas alam, dan mineral termasuk besi, batu bara, dan batu kapur.

  1. Belarus

Seperti bekas republik Soviet lainnya, Belarusia menghadapi masalah ekonomi setelah disintegrasi Uni Soviet. Pada tahun-tahun sebelumnya, Belarus memiliki ekonomi yang kuat dan salah satu standar hidup tertinggi di antara republik-republik Soviet. Pada tahun-tahun berikutnya, Belarus menghadapi kesulitan ekonomi hingga tahun 1996, ketika ekonomi mulai pulih. Antara tahun 2006 dan 2011, ketika banyak negara di Eropa merasakan dampak resesi, pengeluaran di antara 40 persen penduduk terbawah di Belarusia justru meningkat. GNI per kapita di negara ini USD21.800. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait