Paskibraka Muba Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Bumi Serasan

Suara serentak dan kompak terdengar dari Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate yang diucapkan dengan lantang oleh anggota Paskibraka Kabupaten Musi yang dikukuhkan "Siap, Bersedia" bertugas pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI). (Foto: PIJAI/sumbarfokus.com)

SEKAYU (SumbarFokus)

Suara serentak dan kompak terdengar dari Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate yang diucapkan dengan lantang oleh anggota Paskibraka Kabupaten Musi yang dikukuhkan “Siap, Bersedia” bertugas pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Bacaan Lainnya

Putra-putri terbaik ini diambil dari seluruh penjuru Bumi Serasan Sekate, yang tergabung dalam 75 orang Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Musi Banyuasin, secara resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud, Senin (14/08/2023), yang berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Sebanyak 75 anggota Paskibraka Kabupaten Muba ini sangat bersemangat dan lantang mengucapkan ikrar putra-putri Indonesia. Mereka tampak sangat gagah dan rapi kenakan pakaian putih-putih, lilitan ikatan di pinggang, sepatu hitam dan kopiah hitam.

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengatakan bahwa para pelajar terpilih tersebut memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia, akan tetapi mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar berjiwa nasionalisme tinggi.

“Selamat kepada para anggota dan orang tua anggota Paskibraka. Rasa syukur karena pada hari ini, kita berada di tengah-tengah putra dan putri terbaik Kabupaten Muba yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2023 tingkat Kabupaten Muba,” ungkapnya.

Apriyadi juga berpesan agar paskibraka tidak hanya tentang mengibarkan bendera merah putih, tapi juga melestarikan nilai-nilai juang 45 dan menguatkan bagaimana jiwa nasionalisme tertancap dalam benak masing-masing. Menurutnya, menjadi bagian dari Paskibraka adalah sebuah panggilan sekaligus sebuah kebanggaan.

“Kita sadar bahwa kita ada di bumi pertiwi, berikrar bahwa jiwa kita adalah jiwa Indonesia dirajut dengan kebinekaan yang luar biasa. Kita tanamkan nilai-nilai persatuan, kita kuatkan nilai-nilai kemanusiaan. Goal-nya adalah bagaimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai,” katanya.

Menurutnya, kemerdekaan yang saat ini dirasakan merupakan hasil dari perjuangan yang amat panjang para pendahulu. Termasuk dalam mengibarkan bendera merah putih yang juga membutuhkan banyak pengorbanan. Sehingga ia mengajak untuk mengibarkan dan mengobarkan semangat nilai-nilai juang dalam mengisi kemerdekaan.

“Saya berpesan, jadilah kalian sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya. Saya juga ingatkan, kalian harus jaga kesehatan dan teruslah bersemangat sehingga kalian dapat menjalankan tugas dengan baik dan sukses,” tandasnya..

Senada, Kepala Badan Kesbangpol Joni Martohonan
juga berpesan agar para anggota paskibraka menjaga kesehatan, dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Baik pelatih maupun anggota paskibraka agar senantiasa sehat, bugar saat menjalankan tugas nanti.

“Kepada adik-adik paskibraka saya ucapakan selamat menjalankan tugas mulia mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih, pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2023,” pungkasnya. (014)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait